Perbekel Perancak Amankan Patung Berwujud Dang Hyang Nirartha

  16 November 2022 PERISTIWA Jembrana

Ket poto: Patung Berwujud Dang Hyang Nirartha diamankan di Kantor Desa Perancak

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com Jembrana - Warga prancak di hebohkan dengan penemuan petung diduga mirip wujud Dang Hyang Nirartha di tepi Pantai Dangin Berawah, Desa Perancak, Kecamatan Jembrana, sekira pukul 09.00 wita. Patung tersebut berawal ditemukan oleh Prebekel Perancak I Nyoman Wijana saat sedang mengecek rumah katir perahu yang di dana dana desa.

Pantauan awak media di lapangan, patung tersebut setelah ditemukan oleh Prebekel Perancak langsung dibawa ke kantor desa. Terlihat patung tersebut berukuran tinggi 30 cm, dan kondisi patung masih baru.

Saat dikonfirmasi awak media di kantor, Perbekel Perancak I Nyoman Wijana mengatakan, sebelumnya pihaknya bersama para kelian dusun hendak masang sepanduk "Desa Cinta Statistik" dipantai. "Setelah selesai memasang sepanduk, setelah itu kami langsung mengecek pembangunan tempat katir yang anggaran dari APBDes, saat menoleh kepantai ternyata ada patung yang ditempaykan diatas  akar pohon," terangnya. Rabu 16 November 2022.

Setelah ditanya terkait patung tersebut, lanjut Wijana, oleh kepala dusun, patung tersebut mirip dengan Dang Hyang Nirartha bukan patung dukuh. "Dari situ kami tidak berani mengambil langkah akhirnya kami melopokan kejadian tersebut ke Camat Jembrana dan dilanjutkan ke Polsekta Jembrana,"  jelasnya.

Untuk solusi terakhir, pihaknya sepakat mengamankan patung tersebut dibawa ke kantor desa. Sebelumnya patung tersebut diinformasikan oleh warga disana, menemukan patung tersebut dibawah, dikarenakan warga tersebut merasa bahwa ini patung mirip dewa akhirnya diletakkan diatas batang kayu ketapang.

"Sebelum warga melihat, ada warga uang berprofesi sebagai dukun melihat patung tersebut kemarin sekira pukul 06.00 wita akan tetapi menurutnya patung tersebut tidak ada taksunya (aura spiritual kosong). Kami masih koordinasi dengan adat untuk temapt patung tersebut," ujarnya.

Menurutnya patung yang mirip wujud Dang Hyang Nirartha (Bhatara Saktu Wau Rauh) tersebut bentuknya masih baru, catnya juga baru. Penumuan tersebut ada 2 alternatif, yang pertama diduga mungkin ada orang sengaja menaruh patung tersebut untuk bayar sesangi (bayar janji)

"Yang kedua mungkin saja yang menaruh patung tersebut diduga mencuri disuatu tempat dan disembunyikan di pantai Perancak. Kami sudah menginformasikan kepada pihak kepolisian dan masing menunggu proses lebih lanjut ke kepolisian," pungkasnya. Vlo