Penumpang Nataru, Dipastikan Bertiket Sebelum Tiba di Pelabuhan

  20 Desember 2023 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : Pelabuhan Gilimanuk

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Menyikapi liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menargetkan akan melayani lebih dari 3 juta penumpang dan 700 ribu kendaraan. Untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik, ASDP telah mempersiapkan sejumlah langkah strategis dan peningkatan layanan.

Salah satu langkah yang dilakukan ASDP adalah menerapkan radius pembatasan aksesibilitas pembelian tiket ferry online di 4 pelabuhan utama, yaitu Pelabuhan Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam kunjungannya pada Sabtu (16/12) ke Pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk menyampaikan apresiasi atas persiapan yang telah dilakukan ASDP menghadapi layanan Angkutan Natal dan Tahun Baru 2024.

Dalam rapat, Menhub mengarahkan agar dilakukan peningkatan kapasitas layanan, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang arus berangkat yang diperkirakan akan terjadi pada Jumat (22/12) hingga Sabtu (23/12) dan arus balik pada Selasa (26/12) hingga Rabu (27/12).

"Beberapa hal yang harus menjadi perhatian dan diapresiasi mulai dari penerapan batasan radius aksesibilitas pembelian tiket online. Dan untuk menunjang kelancaran di Ketapang, dapat dilakukan pemindahan/pengalihan sementara Dermaga LCM Ketapang ke Lahan Bulusan selama periode Nataru. Satu lagi, untuk menambah kapasitas di Ketapang agar ditambah kapal besar tambahan ke Ketapang-Gilimanuk," tutur Menhub lagi.

ASDP terus melakukan sosialisasi masif dan edukasi kepada pengguna jasa yang akan menyeberang agar memastikan telah bertiket sebelum tiba di pelabuhan. Bagi yang akan menyeberang dari Merak, Bakauheni, Ketapang dan Gilimanuk agar membeli tiket melalui ferizy paling lambat H-1 keberangkatan untuk menghindari kehabisan tiket sesuai jadwal kapal yang diinginkan. Pengguna jasa juga harus mengisi data diri dan kendaraan dengan benar. (BB)