Pengabdian Kepada Masyarakat, FIB UNUD Kerja Sama Dengan Pertamina Retail

  21 Juni 2023 PENDIDIKAN Denpasar

Baliberkarya (Dok UNUD)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Denpasar. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana bekerja sama dengan PT. Pertamina Retail menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat bertajuk “Program Meningkatkan Literasi Membaca di Pulau Dewata”. Kegiatan yang bertujuan menumbuhkan dan meningkatkan minat baca anak-anak ini menyasar enam sekolah dasar di Kabupaten Badung, yakni SD No 1 Kerobokan, SD No 4 Kerobokan, SD No 5 Dalung, SD No 1 Tibubeneg, SD No 4 Kerobokan Kelod, dan SD No 2 Kerobokan Kelod. Rabu, 21 Juni 2023.

Terdapat dua kegiatan yang dilaksanakan yakni pemberian bantuan dari PT. Pertamina Retail kepada enam sekolah tersebut berupa Paket Pojok Baca, dan kegiatan Pelatihan Literasi Membaca yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 – 27 Juni 2023 dengan mentor atau narasumber dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana yang akan memberikan pelatihan dasar kepada guru-guru pada keenam sekolah dasar tersebut mengenai literasi membaca dengan tema memancing minat baca pada anak dengan cara yang menyenangkan.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini diawali oleh kegiatan peresmian yang dilaksanakan di SD No 2 Kerobokan Kelod dan dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana -Prof. Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum.,- Komisaris PT Pertamina Retail - Bapak Dr. Mualimin Abdi SH. MA, Manager CSR & SMEPP PT Pertamina Patra Niaga - Ibu Nur Hidayat, Manager Cooporate Secretary & Legal Pertamina Retail - Ardhi Widodo.

Hadir juga Kepala Bagian Adminitrasi Pembangunan Kabupaten Badung - Ibu AA.Putri Mas Agung, ST, Kepala Bidang SD - Ibu Rai Raharja, Camat Kuta Utara - Bapak I Putu Eka Parmana, S.STP,MM.- Lurah Kerobokan Kelod - Bapak I Made Wistawan,SE. Kegiatan peresmian ini dirangkaikan dengan penandatanganan dokumen Perjanjian Kerja Sama antara PT. Pertamina Retail dan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana serta peresmian Pojok Baca di SD No 2. Kerobokan Kelod.

Dekan Fakultas Ilmu Budaya Unud, Prof. Satyawati, yang pada kesempatan tersebut mewakili Rektor Universitas Udayana, dalam sambutannya menyampaikan bahwa literasi sangatlah penting untuk digalakkan. Menurut Beliau membaca merupakan aktivitas yang maha penting untuk dilakukan untuk meningkatkan wawasan dan kecerdasan generasi penerus bangsa.

“Pojok Membaca dan Pelatihan Literasi Membaca" merupakan kegiatan kolaborasi yang dilaksanakan antara PT Pertamina Retail dan Fakuktas Ilmu Budaya Universitas Udayana melalui Yayasan Kembali Sekolah. Kami mengharapkan kegiatan ini dapat menjadi upaya nyata dalam menumbuhkan dan meningkatkan minat baca anakanak sehingga mereka dapat tumbuh menjadi anak-anak yang cerdas dan sukses di masa depannya” kata Prof. Satyawati. Beliau juga berharap bahwa kolaborasi antara Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana dengan PT. Pertamina Retail akan semakin berkembang di masa mendatang.

Komisaris PT. Pertamina Retail, Bapak Dr. Mualimin Abdi SH. MA, dalam sambutannya menyampaikan bahwa meningkatkan minat baca pada anak itu sangat perlu dan menjadi suatu keharusan. “Kami tergugah melihat kondisi sekarang yang ternyata masih ada anak yang sudah kelas 4 bahkan 6 SD masih belum dapat membaca dengan lancar, dan itu semua dikarenakan kurangnya akses pada mereka untuk membaca. Dan kami sadar betul bahwa membaca itu adalah jendela dunia, dimana dengan membaca kita dapat mengetahui informasi yang kita dbutuhkan”, papar Bapak Dr. Mualimin.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Kabupaten Badung - Ibu AA.Putri Mas Agung, ST- mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Badung mengucapkan terima kasihnya atas kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan di daerah Kabupaten Badung ini. Terlebih lagi, gerakan literasi merupakan salah satu program yang digalakkan Pemkab Badung untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerahnya. Ibu Putri juga berharap bahwa baik PT. Pertamina Retail dan FIB Universitas Udayana dapat menjalin kerja sama dengan Pemkab Badung untuk melaksanakan kegiatan pengabdian serupa di masa mendatang.

Sumber: https://www.unud.ac.id/