Pemilu 2024, Polres Jembrana Kerahkan 453 Personil, Kodim Siagakan 400 Pasukan

  18 Oktober 2023 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : Saat apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Agung 2023-2024 di Lapangan Pecangakan, Jembrana

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Menjelang pemilihan Umun tahun 2024 untuk mengantisipasi kerawanan saat pemilihan Polres Jembrana kerahkan anggota sebanyak 453 personil, sedangkan Kodim 1617 akan membantu Polres Jembrana dengan menyiagakan pasukan sebanyak 400 orang yang didalamnya termasuk Batalion.

Dalam pemilu kali ini pryugas keamanan selaian dihadapkan dengan kerawanan Kamtibmas juga dihadapkan dengan berita atau isu-isu yang menyebabkan perpecahan atau menyababkan ketegangan-ketegangan di media sosial, hal tersebut menjadi atensi oleh Polres Jembrana.

Saat dikonfirmasi saat apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Agung 2023-2024 di Lapangan Pecangakan, Jembrana, Selasa 17 Oktober 2023, Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana mengatakan, dalam pengamanan Pemilu kali ini, pihaknya mengerahkan 453 personil yang akan diterjunkan dalam operasi kali ini. “Nantinya saat hari H tentunya ada penebalan personel dari Polda Bali,” terangnya.

Menurutnya, selain dari Polri, penerjunan pasukan juga melibatkan TNI, Linmas hingga Pecalang. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi kejadian yang tak diinginkan terjadi di Jembrana saat Pemilu 2024 mendatang. “Yang perlu diantisipasi adalah kerawanan berita di media sosial, ini menjadi atensi khusus supaya tidak menimbulkan kericuhan akibat postingan atau narasi yang dengan sengaja dibuat oknum,” ujarnya.

Setelah diadakan kegiatan deklarasi pemilu damai dan doa bersama, diharapkan kegiatan tersebut betul-betul dilaksanakan oleh masyarakat Kabupaten Jembrana. “Meskipun pilihan berbeda, kita semua bersaudara. Kita masih punya ikatan satu sama lain di masyarakat yang harus kita jaga. Hal ini demi persatuan dan kesatuan di Kabupaten Jembrana yang utama," tegasnya.

Sementara Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf Teguh Dwi Raharja mengatakan, dalam pengamaan Pemilu 2024 pihaknya akan membackup Polri dalam hal ini Polres Jembrana, pihaknya tetap mengikuti regulasi yang ada. “Kami hanya menunggu dari Polres Jembrana berapa membutuhkan anggota untuk di libatkan dalam pengamanan tersebut. Kami siapkan pasukan sebanyak 300 sampai 400 orang,” terangnya.

Ia mengaku, meskipun Polres Jembrana saat rapat koordinasi ekternal persiapan Pemilu yang diadakan di Polres Jembrana, dari TNI hanya dibutuhkan sebanyak 51 orang, pihaknya tetap akan menyiapkan pasukan 300 sampai 400 orang untuk membantu pengamanan dari Polres Jembrana. “Selain itu di setiap desa juga sudah ada anggota dari Babinsa yang berjaga disana,” ucapnya. (BB)