Pembekalan Mahasiswa Undhira Program Wirausaha Merdeka Mandiri Angkatan I

  06 April 2024 PENDIDIKAN Badung

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Badung. Universitas Dhyana Pura (Undhira) Bali melalui Lembaga Penjaminan Mutu Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) mendorong dan memfasilitasi mahasiswa dalam menjalankan dan mengembangkan wirausaha Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan akan segera menyelenggarakan Program Wirausaha Merdeka (WMK) Mandiri Angkatan 1 Tahun 2024. Dalam rencana tersebut, panitia yang dibentuk dengan SK Rektor dengan ketua Putu Andyka Putra Gotama, S.Pd., M.Pd yang sekaligus Kepala LPMPP menyelenggarakan pembekalan kewirausahaan bagi mahasiswa yang mendaftar program WMK di Aula E kampus Dhyana Pura, Jumat, 5 April 2024.

Hadir dalam acara pembekalan kewirausahaan, Rektor Undhira Prof. Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, SE., M.MA., MA didampingi oleh WR1, WR2, WR3, Wakil Dekan Fakultas Bisnis, Pariwisata, Pendidikan dan Humaniora (FBPPH) dan dosen pendamping lapangan.

Prof. Rai Utama dalam sambutannya sekaligus membuka acara menyampaikan agar mahasiswa memiliki mentality yang kuat dalam berwirausaha. “Mentality profit, mentality tahan banting, hidup sesuai kemampuan (tidak boros), mempunyai prinsip hari esok tidak ada, sehingga fokus menyelesaikan pekerjaan dengan cepat/berpikir tuntas adalah hal yang perlu dimiliki seorang wirausaha dalam membangun dan mengembangkan usahanya,” Jelas Prof. Rai Utama.

Ketua Panitia Program Wirausaha Merdeka (WMK) Mandiri Angkatan 1 Tahun 2024, Putu Andyka Putra Gotama, S.Pd., M.Pd menyampaikan bahwa dalam angkatan 1 program WMK tahun 2024 ada 35 mahasiswa yang mendaftar dari Prodi Manajemen, Prodi PKK, Prodi TI, Prodi SI dan Prodi Akuntansi. Kegiatan ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat lebih siap dalam bekerja dan berwirausaha dengan mitra kerjasama dari Universitas.

“Program Wirausaha Merdeka (WMK) Mandiri Angkatan 1 Tahun 2024 ada beberapa tahapan, tahapan pertama adalah pendaftaran dan juga seleksi peserta, tahapan kedua yaitu pembekalan kewirausahaan yang didampingi oleh expert kewirausahaan dalam hal ini kami mengundang Ni Putu Yayuk Puspita Yanti, S.E., tahapan ketiga peserta akan dikirim ke UMKM yang sudah bermitra dengan Undhira, tahapan keempat adalah uji, tahap kelima yaitu pameran untuk menunjukkan prototype dan wirausaha yang sudah dibuat”. Jelas Andyka Putra Gotama.

Narasumber dalam kegiatan Ni Putu Yayuk Puspita Yanti, S.E. Pengelola Inkubator Bisnis LPPM Universitas Udayana, Regional Officer Gerakan 1000 Startup Digital Kominfo Bali 2021 menyampaikan bahwa wirausaha tidak sama dengan pedagang.

“Dalam wirausaha ada mentality, ada ide bisnis, kreatifitas, inovasi dan ilmu yang digunakan untuk berwirausaha dan untuk menjadi sukses dalam berwirausaha diperlukan keberanian, keterampilan, kemauan, kemampuan dan kesempatan,” Jelas Yayuk Puspita.

Universitas Dhyana Pura, Undhira terakreditasi Baik Sekali memiliki 3 (tiga) Fakultas. Fakultas Bisnis, Pariwisata, Pendidikan dan Humaniora dengan program studi, Magister Manajemen (S2), Manajemen (S1), Akuntansi (S1), PKK (S1), PG-PAUD (S1), Sastra Inggris (S1), Pengelolaan Perhotelan (D4) dan Digital Marketing (D3).Fakultas Kesehatan dan Sains (FKS) dengan Program studi, Fisioterapi (S1), Profesi Fisioterapis, Manajemen Informasi kesehatan (D4), Psikologi (S1), Gizi (S1), Manajemen Administrasi Rumah Sakit (S1), Biologi (S1). Dan Fakultas Teknologi dan Informatika dengan Program Studi Informasika (S1) dan Sistem Informasi (S1) saat ini membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025 sampai dengan September 2024. (BB)