Pasar Organik PPK Ormawa Himagrotek Fakultas Pertanian Udayana Dihadiri Puluhan Wisatawan Mancanegara

  01 Oktober 2023 PENDIDIKAN Gianyar

Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himagrotek (Himpunan Mahasiswa Agroekoteknologi ) Fakultas Pertanian Universitas Udayana Tahun 2023 dengan Program "Optimalisasi Ekowisata dan Budidaya Organik melalui Media Sosial pada Kelompok Tani Bumi Manusia Organic Garden di Desa Pejeng Kangin ".

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Gianyar. Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himagrotek (Himpunan Mahasiswa Agroekoteknologi ) Fakultas Pertanian Universitas Udayana Tahun 2023 dengan Program "Optimalisasi Ekowisata dan Budidaya Organik melalui Media Sosial pada Kelompok Tani Bumi Manusia Organic Garden di Desa Pejeng Kangin ". 

Adapun kegiatan yang dilaksanakan adalah Menggelar Pasar Organik setiap Sabtu di Jaba Pura Desa dan Mengenalkan Paket Wisata Tour keliling Desa Pejeng Kangin dengan melintasi persawahan dan kebun organik serta menikmati panorama alam desa Pejeng Kangin yang masih alami Sabtu (30/9/2023). 

Pasar Organik ini adalah kegiatan PKK Desa yang mana produk produk yg dijual merupakan hasil panen dari kebun dipekarangan rumah PKK. Adapun produk organik yang dijual adalah sayuran, buah lokal, umbi umbian, rempah-rempah, selain itu ada juga produk telur, minyak tanusan, jajanan tradisional dan berbagai olahan jamu serta masakan tradisional rumahan. 

Selama hampir 3 (tiga) bulan berkegiatan di desa, PPK Ormawa Himagrotek membantu menyediakan aneka bibit sayuran dan bibit ikan dan memberikan pelayanan pendampingan kepada Kelompok Tani Bumi Manusia Organik Garden dan Klp PKK Desa dengan tujuan agar mampu meningkatkan produktivitas pertanian dan perikanan di kalangan masyarakat desa dan mampu memberikan tambahan pemasukan kepada PKK Desa. 

Selain itu paket wisata yang ditonjolkan adalah Paket Wisata Desa "Organik" menggandeng Pokdarwis setempat mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Desa hampir 100% ini dibuktikan ketika pada saat acara Pasar Organik berlangsung dihadiri oleh ratusan wisatawan mancanegara yang antusias berbelanja dan menikmati tour keliling desa. 

Program PPK Ormawa Himagrotek ini mendapatkan dukungan yang luar biasa dari Perangkat Desa dan Ketua Pokdarwis I Made Astawa, menurutnya kegiatan ini merupakan praktek langsung oleh mahasiswa yang bersinergi dengan program desa dan langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa Pejeng Kangin. 

Kegiatan Pasar Organik ini dihadiri oleh Sekretaris USCC Bima Kumara Dwi Atmaja mewakili Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Reviewer, Kooprodi PS Agroekoteknologi Dr. Ida Ayu Putri Darmawati, Dosen Pendamping Ni Wayan Sri Sutari, S.P.,M.P Kepala Desa, Kepala Dusun, Ketua Pokdarwis, Ketua dan Pengurus Tim Penggerak PKK Desa dan Kelompok Tani  Bumi Manusia Organik Garden.  

Menurut Dosen Pendamping Ni Wayan Sri Sutari menegaskan bahwa Pasar Organik dan Wisata Tour Keliling Desa ini akan rutin dilaksanakan setiap hari Sabtu 2 Minggu sekali dan sedang dirancang dengan profesional oleh Tim PPK Ormawa Himagrotek didukung oleh Desa untuk segera launching sebagai Desa Wisata Pejeng Kangin dengan mengandeng Dinas Dinas terkait lainnya di Kab Gianyar dan Provinsi Bali. 

Dukungan dari Institusi juga sangat diharapkan agar nantinya mampu sebagai agen promosi dan mengunjungi Pasar Organik dan Menikmati paket wisata Organik di Desa Pejeng Kangin.(BB).

Sumber: https://www.unud.ac.id