Partisipasi Ikatan Alumni Udayana Veteriner dalam Perayaan Tumpek Uye Pemda Badung di Taman Wisata Sangeh

  01 Februari 2022 PENDIDIKAN Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Ikatan Alumni Udayana Veteriner yang tergabung dalam Forum Dokter Hewan Peduli turut serta dalam perayaan Rahina Tumpek Uye yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Badung pada Sabtu Kliwon Uye (29/01/2022).

Perayaan Tumpek Uye kali ini dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dilaksanakan di Desa Sangeh yaitu di Taman Wisata Monyet Sangeh dan di DTW. Tirta Taman Mumbul.

Perayaan Tumpek Uye ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Badung Adi Arnawa, dihadiri pula oleh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Se-kabupaten Badung. Perayaan ini juga menarik antusias masyarakat desa Sangeh.

Kadis Pertanian dan Pangan Badung Wayan Wijana menyampaikan Tumpek Uye merupakan suatu ajaran dimana sebagai manusia diharapakan untuk menyampaikan rasa puji syukur kepada Tuhan melalui bentuk upacara.

"Secara implementasinya adalah kita diharapkan bisa menghargai dan menyanyangi binatang,” katanya. 

Kegiatan Perayaan Rahina Tumpek Uye kali ini sesuai dengan Instruksi Gubernur Bali Nomer 01 Tahun 2022 Tentang Perayaan Rahina Tumpek Uye dengan upacara Danu Kerthi sebagai Pelaksanaan Tata-Titi kehidupan Masyarakat Bali berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Sad Kerthi Dalam Bali Era Baru.

Jenis Kegiatan ini dibagi menjadi dua yaitu secara niskala dan secara sekala. Adapun jenis kegiatan secara niskala yaitu berupa upacara penyucian danau dan otonan binatang serta persembahyangan bersama Tumpek uye. Sedangkan Kegiatan yang dilakukan secara sekala yaitu berupa bersih-bersih (mareresik), melepas 10.000 ekor ikan ke danau/bendungan/mata air, melepas burung dan pelaksanaanvaksinasi rabies pada anjing.

Menurut Kadis Wijana kegiatan ini sudah sejalan dengan Instruksi Gubenur dan harapan dari perayaan Tumpek Uye. “Dinas Pertanian dan Pangan Badung telah melaksanakan rangkaian kegiatan berupa vaksinasi Rabies bersama Ikatan Alumni Udayana Veteriner dan Forum Dokter Hewan Peduli juga telah melakukan Feeding (pemberian makanan) kepada Monyet yang ada di Sangeh sebagai bentuk kepedulian terhadap binatang, ” ungkap Wijana di Sangeh.

Wakil Ketua I IKAYANAVet Drh. Dewa Made Anom yang sekaligus Ketua Forum Dokter Hewan Peduli menyampaikan harapan agar kegiatan yang bersifat menjaga keseimbangan alam supaya bisa berkelanjutan. Disebutkan pemberian pakan pada monyet (Feeding monkey) berupa pisang dan ketela rambat, serta pelaksanaan vaksinasi rabies di wantilan DTW.Tirta Taman Mumbul sebanyak 45 ekor.(BB). 

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas579-Partisipasi-Ikatan-Alumni-Udayana-Veteriner-IKAYANA-Vet-dalam-Perayaan-Tumpek-Uye-Pemda-Badung-di-Taman-Wisata-Sangeh.html