Pakai "Google Map", 2 Warga Asing Panik Tersesat Dihutan Karangasem

  22 Juni 2020 PERISTIWA Karangasem

Tim SAR gabungan berhasil temukan 2 orang WNA asal AS yang tersesat di Hutan Desa Sulumbung dalam keadaan selamat, Minggu (21/6/2020).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Karangasem. Tim SAR gabungan berhasil temukan 2 orang WNA asal AS yang tersesat di Hutan Desa Sulumbung dalam keadaan selamat, Minggu (21/6/2020). Kedua wisatawan asing itu yang tersesat ituatas nama Earl Rowland (1996) dan Ridge Khaled Feras (1994).

Keduanya memulai perjalanannya menggunakan motor dari Amed sekitar pukul 17.00 Wita dan hendak menuju Pereranan dengan menggunakan Google Map. Rupanya petunjuk Google Map mengarah ke Selumbung dan mereka tersesat di Bukit Catu, Kecamatan Manggis, Karangasem. 

Dalam keterangannya Gede Darmada, S.E., M.AP. selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) mengatakan bahwa teman korban langsung menghubungi Kantor Basarnas Bali untuk memberikan laporan. Malam itu juga pelapor atas nama Isabela segera datang ke Kantor Basarnas Bali pada pukul 21.20 Wita menyampaikan identitas WNA tersebut atas nama Roland dan Ridge. 

“Mereka panik karena merasa tersesat dan hari mulai gelap, selanjutnya salah seorang segera menghubungi temannya Isabela untuk meminta pertolongan,”Jelas Gede Darmada. 

Mereka terus berusaha mencari jalan untuk keluar, namun karena medannya turunan dan licin, akhirnya Roland dan Ridge memutuskan turun dari motor berjalan kaki berusaha meminta pertolongan dengan mencari rumah-rumah warga. 

Basarnas Bali menggerakkan tim dari Pos SAR Karangasem, selanjutnya bersama dengan unsur SAR mulai menyisir hutan melalui medan perbukitan terjal. Akhirnya pada pukul 23.30 Wita target ditemukan pada Koordinat  8°28.14.2'S - 115°31.40'E. Ketika ditemukan kondisi masih baik hanya alami lecet di bagian tangan dengan perbekalan air minum yang sudah hampir habis. 

“Beruntung mereka masih bisa mengakses jaringan internet, sehingga bisa share lokasi dan ternyata posisinya tak terlalu jauh dari jalan setapak,” jelasnya. 

Waktu yang dibutuhkan dari titik penemuan hingga tiba di jalan keluar kurang lebih 1 jam lamanya. Keduanya dievakuasi ke Polsek Manggis untuk proses lebih lanjut.

Selama operasi SAR berlangsung turut melibatkan 5 orang rescuer dari Pos SAR Karangasem, 5 orang personil dari Polres Karangasem, 5 orang personil dari Polsek Mangis dan pemandu Mudi Taker serta masyarakat setempat.(BB).