Mudik Lebaran 1439 H, Posko Terpadu Disiagakan di Pelabuhan Benoa

  06 Juni 2018 PERISTIWA Denpasar

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Sudah merupakan agenda rutin bagi instansi-instansi yang berada di Pelabuhan Benoa untuk mempersiapkan lonjakan arus penumpang kapal domestik dalam rangka mudik lebaran.
 
 
Menyikapi itu, KSOP Benoa telah melaksanakan rapat koordinasi bersama instansi-instansi terkait di Pelabuhan Benoa untuk mempersiapkan segala hal yang perlu dilakukan selama pelaksanaan mudik lebaran tahun 2018.
 
Selama tanggal 31 Mei 2018 sampai dengan 1 Juli 2018 dibentuk Posko Terpadu Angkutan Lebaran yang merupakan posko gabungan dari instansi yang ada di Pelabuhan Benoa yaitu KSOP Pelabuhan Benoa, Pelindo III, Polsek KP3, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Pelni, Angkatan Darat dan Angkatan Laut. 
 
Posko tersebut bertujuan agar memudahkan koordinasi antar instansi untuk memperlancar dan mengamankan arus penumpang selama mudik lebaran.
 
Untuk mengantisipasi arus penumpang mudik lebaran tersebut, PT Pelni telah menyiapkan sejumlah kapal yaitu KM. Tilongkabila, KM. Awu, KM. Leuser dan KM Binaiya. 
 
 
Selain itu PT Pelni telah mensosialisasikan call center untuk kemudahan informasi pelayanan tiket.
 
Kapolsek Pelabuhan Benoa Ni Made Sukerti mengingatkan kepada penyedia jasa transportasi di Pelabuhan Benoa dalam acara Sosialisasi Peningkatan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), bahwa ancaman terorisme semakin meningkat, mengingat telah terjadi pemboman 3 (tiga) gereja dan kantor kepolisian di Surabaya, untuk itu diperlukan dukungan dan koordinasi semua pihak untuk menciptakan keamanan di lingkungan Pelabuhan Benoa.
 
Sebagai penyedia fasilitas terminal penumpang, Pelindo III sudah siap untuk memfasilitasi arus mudik lebaran pada tahun ini. 
 
"Penggunaan mesin X-ray baru untuk meningkatkan keamanan pun juga telah disediakan sebagai salah satu fasilitas terminal penumpang," ungkap Kapolsek.
 
 
General Manager Pelindo III Benoa, I Wayan Eka Saputra mengatakan, soal kesiapan Pelindo III menyiapkan pos khusus untuk mudik lebaran. 
 
"Termasuk juga adanya ruang kesehatan, pengamanan ekstra dan fasilitas pendukung lainnya untuk terus meningkatkan pelayanan terminal penumpang di Pelabuhan Benoa. Harapan kami penumpang mudik dapat dengan aman dan nyaman," demikian Eka Saputra, Rabu (6/6). (BB)