Mimih! Mayat Baru 2 Hari Dikubur di Setra Dibongkar Orang Tak Dikenal

  06 Oktober 2016 PERISTIWA Karangasem

Ilustrasi/Ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Karangasem. Aksi pencurian mayat dengan cara membongkar kuburan hari ini terjadi di Banjar Dinas Desa, Desa Pekraman Subagan, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem.
 
 
Sebuah kuburan milik alm Nengah Suriasih (40) yang baru dikubur dua hari lalu, dibongkar oleh pelaku yang tidak dikenal. Kejadian tersebut diketahui oleh pihak keluarga sekitar pukul 09.00 Wita saat keluarga berniat menggelar ritual Mesoda atau Metanjen. 
 
 
Ketut Agus Joni, salah satu warga dilokasi kejadian yang juga masih paman almarhum menuturkan, Alm Suriasih meninggal karena sakit jantung dan dimakamkan dua hari lalu, di Setra Ageng, Banjar Adat setempat. Setelah penguburan itu pihak keluarga membuat perigi dari batako dengan meratakan tanahnya. 
 
 
Namun, dua hari kemudian saat pihak keluarga akan menggelar ritual Mesode di makam Suriasih, tiba-tiba dilihat kuburan keluarga mereka itu sudah seperti bekas dibongkar. Melihat kejadian itu, Made Cakri suami almarhum kemudian melaporkan kejadian itu kepada Kepala Lingkungan dan Bendesa Adat setempat sebelum kemudian dilaporkan ke Polsek Karangasem. 
 
 
"Begitu kami mendapatkan laporan, anggota langsung kami kerahkan ke lokasi kejadian untuk olah TKP," ujar Kapolsek Karangasem, Kompol Anwar Sasmito, Kamis (6/10/2016) 
 
 
Menurutnya, pihak keluarga khawatir jangan-jangan mayat keluarga yang baru dikubur itu hilang dicuri, karena itu keluarga meminta agar dilakukan penggalian guna mengecek apakah mayat keluarga mereka itu masih ada atau hilang. 
 
 
"Kita lakukan penggalian, dan ternyata jenazahnya masih utuh. Pihak keluarga juga tidak akan memperpanjang yang penting jenazahnya masih ada, karena sebelumnya mereka khawatir jenazah keluarganya hilang dicuri," tandas Kapolsek. 
 
 
Pihak keluarga juga mengatakan tidak ada harta benda atau barang berharga yang ikut dikubur bersama jenazah keluarga mereka. Kejadian ini tentu saja mengudang perhatian ribuan warga setempat, yang datang berbondong-bondong ke lokasi kejadian untuk melihat peristiwa menggemparkan warga tersebut.(BB/suaradewata).