Mimih Dewa Ratu! Duda dan Janda Meningkat di Jembrana 

  05 Juni 2023 PERISTIWA Jembrana

Ilustrasi (Ist)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Peningkatan kasus Perceraian di Jembrana mengalami peningkatan yang signifikan. Data yang diperoleh dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Jembrana mencatat bahwa pada tahun 2021 terdapat 5.315 orang yang bercerai. sedangkan data untuk tahun 2022 naik sebanyak 473 sehingga total keseluruhan dari tahun 2021 sampai tahun 2022 sebanyak 5.788 orang

Peningkatan kasus perceraian di Kabupaten Jembrana diduga kuat disebabkan oleh perkembangan teknologi yang semakin maju. Selain faktor himpitan ekonomi, media sosial juga menjadi penyumbang utama bagi pasangan yang memilih untuk bercerai. Peningkatan perceraian tersebut mengakibatkan banyaknya duda dan janda di Jembrana.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, I Wayan Sudana, mengonfirmasi adanya peningkatan kasus perceraian di Kabupaten Jembrana selama periode tahun 2021 hingga 2022. Namun, ia menyatakan bahwa data untuk tahun 2023 masih dalam proses pengumpulan. "Untuk tahun 2023, belum kami susun karena masih menunggu data yang masuk terlebih dahulu," ungkapnya pada Senin (5/6/2023) saat ditemui di kantornya.

Menurut Sudana, meningkatnya angka perceraian di Jembrana tidak lepas dari kurangnya kesiapan secara fisik dan mental antara kedua pasangan. "Seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, teknologi semakin maju, terutama dengan pesatnya perkembangan media sosial. Hal ini menjadi salah satu penyebab meningkatnya kasus perceraian," jelasnya. (BB)