Miliki Manfaat Luar Biasa, Pupuk Organik Bahan Dasar Pisang Dikenalkan Prodi Kimia FMIPA dan Mahasiswa KKN Unud dalam PKM di Desa Sanding

  23 Juli 2023 PENDIDIKAN Gianyar

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Kimia FMIPA Universitas Udayana bersama mahasiswa KKN PUM ke XXVII Universitas Udayana melakukan Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dan Kompos Berbahan Dasar Kulit Pisang (Musa x paradisiaca).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Bali berkarya.com-Denpasar. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) adalah merupakan salah satu perwujudan dari tri darma perguruan tinggi yang bertujuan untuk mengimplementasikan hasil hasil penelitian kepada masyarakat. Pada hari Minggu 23 Juli 2023 Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Kimia FMIPA Universitas Udayana bersama mahasiswa KKN PUM ke XXVII Universitas Udayana melaksanakan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat di Desa Sanding, kecamatan Tampak Siring Kabupaten Gianyar.

Kegiatan PkM yang diketuai oleh  Dr. Dra.Ida Ayu Raka Astiti Asih, M.Si ini berjudul Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dan Kompos Berbahan Dasar Kulit Pisang (Musa x paradisiaca). Pada kegiatan ini, tim PkM Program Studi Kimia memperkenalkan bagaimana memanfaatkan limbah kulit pisang sebagai bahan aktif dalam pembuatan pupuk organik cair dan kompos. 

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Desa Sanding  Bapak Kompyang Ambarayusa, S.T. Pupuk organik berbahan dasar pisang memiliki manfaat yang luar biasa bagi tanaman karena adanya kandungan kalium. Kalium (K) yang merupakan unsur hara makro esensial bagi tanaman untuk merangsang pembentukan bunga dan buah serta memperkuat daya tahan tanaman terhadap penyakit.

Pupuk Organik Cair ini dibuat dengan cara fermentasi menggunakan EM4 sebagai bioaktivator dan memanfaatkan produk samping pembuatan POC sebagai Kompos. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu ibu-ibu PKK Desa Sanding untuk berwirausaha dalam skala home industry dengan memanfaat sampah organik di sekitar rumah, sehingga dapat menambah income ibu-ibu.

Kegiatan PkM ini merupakan Program Udayana Mengabdi, salah satu skim PkM yang dimiliki oleh Universitas Udayana. Kegiatan ini juga difasilitasi oleh LPPM Unud dan dibantu oleh 4 orang anggota yang terdiri dari Prof. Dr. Dra Wiwik Susanah Rita, M.Si.; Prof Dr.Dra I Wayan Bogoriani, M.Si.; Dr Drs I Wayan Suirta, M.Si.; dan Putu Udayani Prayika Putri S.Si, M.Si.; serta 16 Mahasiswa KKN PUM Unud ke XXVII 2023.

Sumber: www.unud.ac.id.