Mau Tahu 5 Cara Menjaga Keseimbangan Hormon? Iya Baca Ini!

  05 Juni 2016 KESEHATAN Nasional

Istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Nasional. TUBUH sehat, fit dan baik-baik saja tidak hanya didapatkan dari latihan fisik atau olahraga dan diet, tetapi hormon-hormon dalam tubuh kita juga memainkan peran penting dalam menjaga kondisi tubuh.

Jika hormon dalam tubuh tidak seimbang, kita akan merasa sakit atau merasa tidak nyaman dengan diri sendiri dan lingkungan sekitar. Jadi, apa cara yang bisa dilakukan untuk menyeimbangkan hormon?

Mengutip beberapa sumber, berikut adalah 5 cara alami untuk menyeimbangkan hormon, sebelum kita memutuskan untuk suntik hormone atau menggunakan obat-obatan. Mari kita lihat.

 

1. Lemak sehat             

Untuk menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh, lemak sehat berarti makanan kita harus berisi lebih banyak asam lemak omega 3 dan menghindari makanan yang tinggi dari asam lemak omega 6. Kita bisa memulai dengan mengkonsumsi minyak zaitun, mentega nyata, dan ikan

 

2. Wortel          

Dengan memakan satu buah wortel setiap hari dapat menjaga hormon tubuh kita untuk tetap seimbang. Sebab, kandungan serat dalam wortel dapat mendetoksifikasi tubuh dari sekresi estrogen yang berlebih. Baik pria maupun wanita, wortel dapat bekerja dengan baik di tubuh kita, khususnya untuk wanita, wortel akan sangat membantu menghilang kan nyeri saat menstruasi.

 

3. Batasi pemakaian kafein   

Terlalu banyak kafein dapat mempengaruhi sistem endokrin tubuh kita, terutama jika sedang hamil lebih baik untuk meminum the herbal bukannya kopi. Dan untuk pecandu kopi, tammbahkan 1 sendok minyak kelapa ke dalam kopi, karena minyak kelapa merupaka lemak sehat.

 

4. Tidur secukupnya     

Tidur dapat memcahkan banyak masalah kita. Saat kita tidur tubuh kita tetap aktif untuk mengeluarkan racun, menyeimbangkan hormon dan merevitalisasi pikiran dan tubuh kita. Melewatkan tidur bahkan tidak tidur untuk satu malam saja, dapat merusak hormon dan mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan.

 

5. Rajin latihan fisik atau olahraga     

Orang yang mengalami ketidakseimbangan hormon, jika mengikuti pola latihan fisik yang salah dapat membuat situasi semakin buruk. Dimulai dengan berenang atau jongging akan lebih baik. (BB/Inilah).