(Bantu Alat Tenun & Pelatihan di SLB)

Mari Bangkitkan Bersama 'Tenun Bali' Untuk Lestarikan 'Icon' Budaya Jimbaran

  03 Februari 2017 PERISTIWA Badung

Baliberkarya.com

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Badung. Dalam upaya meningkatkan kepedulian terhadap pelestarian kebhinekaan budaya bangsa khususnya Tenun Bali, PT. Jimbaran Hijau beserta Four Seasons Jimbaran Bay bekerja sama untuk pengadaan alat tenun bagi siswa/siswi Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Badung.
 
Penyerahan dua buah alat tenun dilakukan di SLB Negeri 1 Badung di Jimbaran, Badung itu dihadiri oleh Direktur PT. Jimbaran Hijau, General Manager Four Seasons Jimbaran Bay, Camat Kuta Selatan, Lurah Jimbaran, Bendesa Adat Jimbaran dan keluarga besar SLB Negeri 1 Badung.

BACA JUGA : Wah! Pramugara Lion Air "Adi" Kok Lecehkan Penumpangnya Ya

Semua pihak yang hadir pada acara tersebut menyambut antusias dengan adanya program pengadaan alat tenun ini. Kedua pihak juga mengadakan program pelatihan menenun untuk siswa- siswi SLB Negeri 1 Badung.

Program pelatihan berlangsung selama dua bulan dan dilatih langsung oleh pengrajin tenun di Desa Bona Gianyar. Para siswa/siswi SLB ini diajarkan bagaimana proses pembuatan motif, pewarnaan dan proses pembuatan dari benang menjadi kain tenun yang siap digunakan.



Direktur Utama PT. Jimbaran Hijau Putu Agung Prianta menyampaikan bahwa sebagai salah satu warisan budaya, Tenun Bali merupakan representatif dari jati diri Bangsa Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan keberadaannya di masyarakat.

Menurut Agung, program pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa/siswi SLB Negeri 1 Badung dan mengajak mereka untuk berpartisipasi dalam melestarikan budaya Tenun Bali.

BACA JUGA : Bawa Kabur Barang Penumpang, Sopir Taxi Ngurah Rai Ditangkap Polsek Kuta

"Kepedulian bersama untuk melestarikan budaya yang dimiliki, dimulai dari langkah kecil ini kami mengajak semua pihak agar bersama-sama mengangkat kembali kearifan budaya lokal khususnya Tenun Bali yang pernah ada di Jimbaran sehingga menjadi salah satu icon budaya di Jimbaran," ucap Agung Prianta kepada Baliberkarya.com.
 
Dalam kesempatan yang sama, General Manager Four Seasons Jimbaran Bay, Uday Rao menambahkan bahwa dibutuhkan usaha yang kolaboratif serta komitmen dari semua pihak sebagai pelaku industri. Hal itu, kata Uday, untuk mencegah punahnya salah satu warisan berharga dari Jimbaran.

"Kami dari Four Seasons Jimbaran Bay dengan bangga berpartisipasi di dalam proyek jangka panjang ini dan dengan senang hati menyambut para murid ke dalam komunitas seniman di Ganesha Cultural Centre setelah mereka lulus dari program ini," ungkapnya.

Terkait bantuan dan perhatian mulia tersebut, Kepala Sekolah SLB Negeri 1 Badung, Made Murdani mengucapkan terima kasih dan merasa senang atas kepedulian PT. Jimbaran Hijau bersama Four Seasons Jimbaran Bay dengan bantuan dua alat tenunnya tersebut.



Murdani mengaku dengan bantuan alat tenun serta berbagai pelatihan ini tentu saja sangat berguna sebagai salah satu inovasi dalam pengembangan kurikulum Pendidikan khusus untuk meningkatkan kompetensi kemandirian siswa, sehingga nantinya mereka lebih percaya diri serta mampu bersaing secara optimal,
 
“Kami dari SLB Negeri 1 Badung menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Jimbaran Hijau dan Four Seasons Jimbaran Bay atas kerja sama dan bantuan pemberian peralatan Tenun serta pelatihan kepada siswa dan guru," ujarnya.
 
Untuk diketahui, kegiatan ini merupakan sinergi antara visi Jimbaran Hijau dengan program Ganesha Cultural Centre di Four Seasons Jimbaran Bay. Jimbaran Hijau merupakan kawasan terpadu yang terintegrasi untuk melayani pertumbuhan Bali sebagai tujuan tempat tinggal/hidup, bekerja, dan bermain.



Selama ini, Jimbaran Hijau bahkan telah berusaha menciptakan terobosan baru yaitu desa yang inklusif, kreatif, berorientasi komunitas dengan gaya hidup yang ramah lingkungan dan sehat.

BACA JUGA : Dikomplain Paket Kuota 'Bermasalah', Telkomsel Akhirnya Baru Ganti Pulsa Pelanggannya

Sementara disisi lain, program Ganesha Cultural Centre di Four Seasons Jimbaran Bay sendiri bertujuan menciptakan ruang seni interaktif di mana seniman lokal dapat menampilkan karya mereka dan kemampuan dalam mengolah karya seni, ukiran kayu, lukisan keramik, menari dan juga tenun songket.

Diharapkan nantinya para tamu baik wisatawan domestik maupun mancanegara dapat belajar langsung dari seniman tradisional serta melestarikan seni dan kebudayaan yang menjadikan Bali sebagai tujuan utama destinasi wisata dunia makin tersohor hingga ke penjuru dunia.(BB).