Mantap! Makepung di Jembrana, Bupati Cup 2017 Sedot Ribuan Penonton

  14 Agustus 2017 HIBURAN Jembrana

baliberkarya.com

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana - Mekepung (Atraksi Karapan kerbau) merupakan tradisi asli Kabupaten Jembrana, untuk mempertahankan tradisi itu, event bergengsi Mekepung “Bupati Cup” 2017 di gelar, Minggu (13/8/2017)  di Sirkuit Mekepung Desa Delodberawah, Kecamatan Mendoyo, Jembrana.

 

Sebagai salah satu budaya yg digemari, event tersebut dihadiri ribuan  penonton yang berbondong-bondong hadir disirkuit Delod Berawah.

 

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Jembrana I Putu Artha, Wakil Bupati Jembrana Made Kembang Hartawan dan Ketua DPRD Jembrana Ketut Sugiasa serta seluruh pimpinan OPD di Jembrana.

 

 

Dalam ajang Mekepung Bupati Cup 2017 kali ini, sebanyak 302 pasang kerbau ikut ambil bagian untuk memperebutkan Piala Bergilir, sejumlah piala dan uang tunai.

 

Dari 302 pasang kerbau, sebanyak 167  pasang dijagokan oleh Blok Ijogading Barat  dan sebanyak 135 pasang dijagokan  blok Ijogading Timur.

 

 

BACA JUGA:

Pria Bertato Ormas "Rampas" Taksi, Berkat 'Kecanggihan' Blue Bird Pelaku Terdeteksi

Peserta Raimuna Dilepas Wakil Bupati Jembrana

Lepas Calon Haji, Kembang Hartawan Minta Jaga Etika

 

Kegiatan mekepung yang start mulai pukul 07.00 Wita ini, dilepas secara langsung oleh Bupati Artha dengan melepas sejumlah pasang kerbau. Joki (sopir karapan) nampak semangat memacu kerbau di atas keretanya beradu

kekuatan lari antar kerbau.

 

Sebagai penanda Blok Ijogading barat menggunakan bendera dan pakaian warna hijau sedangkan blok Ijogading Timur menggunakan bendera dan pakaian warna merah.

 

Ketika perlombaan semakin memanas, ribuan penonton juga ikut memanas dengan

memberikan semangat kepada joki. Perolehan poin antara kedua Blok pun semakin berhimpitan dan saling mengejar.

 

Namun akhirnya Blok Ijogading timur berhasil menjadi Juara umum dengan perolehan 47 poin unggul dari Blok Ijogading barat dengan 13 poin.

 

Juara umum Ijogading timur berhasil meraih Trophy Bergilir dan uang tunai sebesar 25 juta rupiah. Sedangkan juara favorit  I berhasil diraih oleh Ketut Sweca dari pasangan Bukit Berbunga berhasil meraih

piala serta uang tunai 6 juta rupiah yang diserahkan langsung oleh Bupati Artha.

 

Bupati Artha dalam kesempatan tersebut menyampaikan, lomba Mekepung ini merupakan agenda rutin yang tiap tahun diadakan. Artha berharap kedepan sirkuit mekepung ini akan dibuat sirkuit yang lebih representatif, fasilitas penonton yang lebih baik agar penonton bisa lebih nyaman menyaksikan.

 

"Sirkuit seperti ini sudah kita terapkan di Samblong yang masih dalam proses pembangunan,” terang Artha, Minggu (13/8/2017). Sebelumnya Wabup Kembang Hartawan telah mengadakan acara tatap muka dengan

tokoh – tokoh mekepung untuk mendengar saran dan masukan dari Sekaa Mekepung.

 

Dalam kesempatan tersebut Kembang berharap agar mekepung bisa terjaga dengan baik dan harus dilestarikan tidak hanya dari Sekaa Mekepung itu sendiri tapi juga pemerintah dan pemerhati budaya di Jembrana.

 

Selain itu Kembang juga berharap agar mekepung itu sendiri bisa lebih menarik orang datang ke Jembrana, baik itu domestik hingga internasional, sehingga mekepung bisa menjadi tontonan bersaing dengan yang lain sehingga bisa membantu perekonomian di Jembrana.(BB/ADV)