Mantap! Ada Penyuluhan HIV/AIDS di TMMD ke-102 Desa Delod Berawah

  19 Juli 2018 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Penyelenggaraan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 di Desa Delod Berawah, Kecamatan Mendoyo, Jembrana tadi siang diisi dengan kegiatan penyuluhan HIV/AIDS kepada masyarakat setempat.
 
 
Dalam kegiatan tersebut Sat Gas TMMD mengandeng Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Jembrana. Sosialisasi diadakan di Aula Kantor Desa Delod Berawah, Mendoyo. Penyuluhan tersebut selain dihadiri masyarakat setempat juga dihadiri oleh siswa-siswi SMA se-Kecamatan Mendoyo.
 
Kegiatan tersebut merupakan kegiatan non fisik TMMD ke-102 yg di selenggarakan oleh Kodim 1617/Jembrana, dengan Tema "Sinergitas TNI dan Mahasiswa dalam pengenalan bahaya serta pencegahan HIV/AIDS dikalangan remaja".
 
 
Kabid Binkesmas Dinas Kesehatan Jembrana dr. I Wayan Sujana dalam kesempatan tersebut mengatakan, penyuluhan tersebut sangat penting dan perlu dikembangkan terutama untuk anak usia remaja atau pelajar SMA. Karena pergaulan mereka sangat rentan dengan bahaya HIV/AIDS.
 
 
“Ketidaktahuan mereka tentang HIV/AIDS akan sangat rawan bagi diri mereka sendiri serta berpeluang terhadap terjangkitnya virus HIV, jika berperilaku menyimpang terutama sex bebas,” terang Sujana, Kamis (19/7/2018).
 
Ditambahkan pula, kasus HIV di Jembrana merupakan kasus gunung es. Artinya yang terdata hanya sebagian kecil, namun sebenarnya jauh lebih banyak. Karena itu menurutnya dibutuhkan peran serta semua pihak, terutama andil orang tua untuk mensosialisikan bahaya dan dampak dari penularan HIV/AIDS.
 
 
 
Sementara itu, Wadan Satgas TMMD ke-102 Mayor Inf. Ngakan Made Marjana mengatakan, pelaksanaan penyuluhan HIV/AIDS dilaksanakan dalam rangka kegiatan non fisik TMMD ke-102 di Desa Delod Berawah, Mendoyo.
 
Kegiatan penyuluhan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Jembrana dan didukung aparat desa serta Mahasiswa KKN, Undiksa, IHDN, USN. Penyuluhan HIV/AIDS  diberikan kepada siswa - siswi SMA se-kecamatan Mendoyo dan masyarakat.(BB)