Lubang Kecil di Tembok Rutan Negara Dikhawatirkan Disalahgunakan

  06 September 2023 PERISTIWA Jembrana

Ket poto: lubang di luar tembok Rutan Kelas IIB Negara

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Petugas Rutan Kelas IIB Negara Kabupaten Jembrana dikagetkan dengan adanya lubang kecil ditemukan pada tembok terluar dari Rutan. Lubang tersebut terlihat jelas dari Pura RSU Negara Lubang tersebut berdiameter kurang lebih 15 cm dan tembus ke dalam bangunan rutan hingga terlihat kandang ternak di areal open camp. Lubang kecil ini juga ditakutkan oleh masyarakat dimanfaatkan WBP.

Saat dikonfirmasi Kepala Rutan Kelas IIB Negara, Lilik Subagiyono, mengaku tidak mengetahui adanya lubang tersebut. Ia mengatakan akan segera melakukan pengecekan untuk memastikan keamanan rutan dan jika benar akan segera menutup lubang tersebut. "Terima kasih infonya, sudah saya instruksikan jika benar ada lubang agar segera tanganin," ucapnya. Rabu (6/9/2023).

Ditempat yang sama, Humas Rutan Kelas II B Negara I Nyoman Tulus Sedeng, menyampaikan bahwa memang benar adanya lubang tersebut dan lubang itu sudah ada beberapa waktu lalu untuk keperluan menyedot air dari luar rutan dan mengisi kolam ikan yang ada di areal open camp.

"Lubang tersebut awalnya untuk menyedot air dari saluran irigasi yang ada di sebelah barat rutan, dan lubang itu ada di tembok terluar dari rutan. Namun saat ini sudah tidak digunakan karena air dari saluran irigasi kecil," terangnya.

Tulus mengaku, saat ini lubang tersebut tengah ditangani dan ditutup oleh petugas agar mencegah adanya pemahaman yang negatif oleh masyarakat dan menimbulkan kecemasan nantinya.

"Saat ini sudah kami tutup. Jadi kita juga sangat selektif memilik WBP untuk berkegiatan di areal open camp ini. Intinya tidak ada hal-hal atau kegiatan lain yang dicurigai oleh masyarakat mengenai lubang ini. Tidak ada kegiatan lain mengenai lubang itu, memang untuk menyedot air saja," tandas Tulus. (BB)