Lomba Nyurat Aksara Bali, Bupati Tamba Apresiasi Tulisan Aksara Bali Anak SD

  02 Februari 2022 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Ket poto : Bupati Jembrana I Nengah Tamba hadiri Lomba Nyurat Aksara Bali Tingkat SD

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana, Pemerintah Kabupaten Jembrana kembali menggelar acara Bulan Bahasa Bali 2022. Bulan Bahasa Bali digelar sebagai upaya pelestarian bahasa daerah dengan mengusung tema “Danu Kerthi: Gitaning Toya Ening”, Air Sumber Pengetahuan.

Kegiatan berlangsung selama 2 (dua) hari (2-3 Pebruari). Dipusatkan di Gedung Kesenian Bung Karno, kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba yang ditandai dengan pemukulan gong, Rabu (2/2).

Bupati Jembrana I Nengah Tamba usai membuka kegiatan mengatakan Bulan Bahasa Bali ke IV tahun 2022 diselenggarakan sesuai Pergub Bali Nomor 1 tahun 2018 tentang Aksara dan Sastra Bali serta Pergub Bali Nomor 80 tahun 2018 tentang Pelestarian Basa, Aksara dan Sastra Bali. 

"Kita selaku pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan Bulan Bahasa Bali ini. Apalagi tujuannya untuk melestarikan budaya dan bahasa Bali. Kelestarian bahasa dan sastra Bali harus selalu kita jaga bersama - sama agar tidak sampai punah kedepannya terutama bagi penerus generasi nantinya,"ujarnya.

Bupati asal desa Kaliakah tersebut juga sempat memantau jalannya perlombaan yang tengah berlangsung, khususnya lomba nyurat aksara Bali yang diikuti anak - anak Sekolah Dasar di Jembrana. Ia menilai secara kualitas mereka (para peserta) sangat baik.

"Kita lihat tadi jalannya perlombaan. Para peserta dalam mengikuti lomba nyurat aksara Bali sangat baik sekali. Tulisan anak - anak kita bagus - bagus sekali. Ini menandakan kualitas dan semangat mereka sebagai generasi penerus memiliki kualitas tinggi dalam melestarikan budaya Bali," ucapnya.

Sementara Kepala Bidang Kebudayaan Ida Bagus Kade Biksa yang sekaligus panitia acara mengatakan Bulan bahasa Bali berlangsung selama dua hari. Pada pembukaan hari ini diisi dengan 3 jenis perlombaan.

Pertama, lomba nyurat aksara bali yg diikuti oleh anak anak Sekolah Dasar 5 orang di masing - masing kecamatan. Kedua lomba mesatua bali (bercerita dalam bahasa bali) diikuti oleh 1 orang di masing - masing kelompok krama istri (warga perempuan) di masing - masing kecamatan di kabupaten Jembrana. Ketiga, lomba pidato bahasa Bali yang diikuti oleh 1 orang bendesa di masing - masing majelis desa adat kecamatan di kabupaten Jembrana.

Dihari kedua (3 Pebruari) lanjutnya, diadakan lomba membaca lontar yang diikuti oleh muda mudi siswa SMA/SMK di wilayah kabupaten Jembrana dan ditutup dengan lomba debat bahasa Bali yang juga diikuti oleh siswa SMA/SMK di wilayah kabupaten Jembrana. "Nantinya masing - masing pemenang lomba (juara pertama) akan diikutsertakan mewakili kabupaten Jembrana mengikuti lomba di tingkat Provinsi," pungkasnya.