Lomba Cerdas Cermat PKK Kota Denpasar Meriahkan Bulan Bung Karno ke V 2023

  24 Juni 2023 HIBURAN Denpasar

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar,  Dalam rangka memperingati Bulan Bung Karno ke V tahun 2023, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Denpasar menggelar Lomba Cerdas Cermat PKK di Gedung Wanita Santhi Graha Denpasar Sabtu (24/6). Acara ini dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, dan Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana.

Lomba Cerdas Cermat PKK ini melibatkan masing-masing kecamatan di Kota Denpasar, di mana setiap kecamatan diwakili oleh satu kelompok yang terdiri dari empat orang. Kecamatan yang terlibat dalam lomba ini antara lain Denpasar Timur yang diwakili oleh Desa Kesiman Petilan, Denpasar Barat yang diwakili oleh Desa Tegal Harum, Denpasar Utara yang diwakili oleh Kelurahan Peguyangan, dan Denpasar Selatan yang diwakili oleh Desa Sidakarya.

Dalam lomba ini, para peserta diuji kemampuan mereka dalam berbagai bidang, seperti pengetahuan umum, pengetahuan tentang PKK, serta pengetahuan akademik. Dewan juri yang bertugas menilai penampilan peserta, terdiri dari orang-orang yang berkompeten di bidangnya, seperti perwakilan dari Kesbangpol, tokoh pendidikan, PKK, dan akademisi yang ahli di bidangnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara,  mengatakan bahwa lomba ini merupakan upaya untuk menggali potensi dan pengetahuan para anggota PKK di Kota Denpasar. Selain itu, lomba ini juga bertujuan untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan solidaritas antara kader PKK kecamatan-kecamatan di Kota Denpasar.

Acara Lomba Cerdas Cermat PKK ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam memperingati Bulan Bung Karno ke V yang diperingati setiap tahun sebagai bentuk penghormatan terhadap perjuangan dan jasa Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno, dalam memajukan bangsa dan negara.

Diharapkan melalui lomba ini, semangat kebersamaan dan semangat perjuangan Bung Karno dapat terus hidup dan menginspirasi generasi muda untuk terus berprestasi dan berkontribusi dalam membangun bangsa dan negara.

"Lomba Cerdas Cermat PKK Kota Denpasar sukses digelar dengan antusiasme tinggi dari para peserta dan para penonton yang hadir," kata Ny. Sagung Antari Jaya Negara.

Ny. Sagung Antari Jaya Negara menambahkan lomba ini tidak hanya sebagai ajang kompetisi semata, tetapi juga sebagai sarana mempererat tali persaudaraan dan kesatuan antara masyarakat Denpasar. Semoga semangat perjuangan Bung Karno kita dapat  menginspirasi generasi muda.

Sekretaris Dinas PMD Kota Denpasar, Agus Tresna Yasa yang juga menjadi salah seorang dewan juri menambahkan, kriteria penilaian lomba cerdas cermat meliputi materi tentang  pengetahuan umum wawasan kebangsaan, nilai ajaran Bung Karno, 10 program pokok PKK  dan Isu terkini dalam pembangunan. Teknis pelaksanaan sesi satu masing masing peserta diberikan pertanyaan sebanyak 10 pertanyaan, nilai benar 100 salah 0. Sesi dua memberikan pesan, padat tepat dan yel yel. sesi 3 cepat tepat atau rebutan jika benar bernilai 100 jika salah dikurangi 50.

Dari lomba ini   Juara I diraih Kelurahan Peguyangan dari Kecamatan Denpasar Utara, Juara II Desa Tegal Harum dari Kecamatan Denpasar Barat, Juara III Desa Sidakarya dari Kecamatan Denpasar Selatan dan  Juara Harapan Desa Kesiman Petilan dari Kecamatan Denpasar Timur.