Lantaran Cuaca Buruk, Pelabuhan Gilimanuk Kembali Ditutup

  06 Januari 2023 PERISTIWA Jembrana

Ket poto: Situasi Pelabuhan Gilimanuk saat ditutup lantaran cuaca buruk

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Pelabuhan Gilimanuk kembali ditutup akibat cuaca buruk angin kencang dan gelombang tinggi. Pelabuhan tutup mulai sekira pukul 10.20 wita dan kembali dibuka sekira pukul 11.35 wita. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, kendaraan yang sudah naik ke kapal kembali diturunkan

Penutupan pelabuhan tersebut sudah yang kedua kalinya setelah kemarin malam pada hari Kamis (5/1/2022) sekira pukul 18.51 wita  juga ditutup lantaran cuaca buruk angin kencang disertai gelombang tinggi di selat Bali. Pelabuhan kembali dibuka sekira pukul 21.45 wita.

Saat dikonfirmasi awak media, Korsatpel Balai Pelaksanaan Transportasi Darat (BPTD) Pelabuhan Gilimanuk, I Nyoman Sastrawan mengatakan, pelabuhan kembali ditutup lantaran akibat cuaca buruk angin kencang disertai gelombang tinggi di selat Bali. "Kecepatan angin hingga 30 knot dan gelombang tinggi sekita 1,2 meter. Ini sangat berbahaya bagi kapal yang akan menyebrang,"  terangnya. Jumat (6/1/2023).

Menurutnya, penyebrangan tersebut tidak mungkin dilakukan lantaran cuaca sangat buruk, angin kencang. Apalagi disertai dengan gelombang tinggi yang bisa menyulitkan pandangan nahkoda kapal dan juga menyulitkan mengendalikan kapal  "Ditakutkan kapal berubah haluan sehingga terjadi kanda. Penundaan tetap dilakukan menunggu cuaca membaik," jelasnya.

Pihaknya sengaja menginformasikan agar kendaraan yang sudah naik ke kapal segera diturunkan uuntuk mengantisipasi adanya guncangan kendaraan didalam kapal. "Lebih baik di keluarkan dulu, karena gelombang cukup tinggi, jadi antisipasi kejadian buruk," ujarnya.

Lebih jelasnya Sastrawan mengatakan, pelabuhan ditutup sekitar 1 jam, kejadian seperti ini tidak sampai berlangsung lama, sehingga aktivitas penyebrangan kembali normal. "Takutnya jika terlalu lama akan berdampat antrean hingga ke parkir manuver Pelabuhan Gilimanuk. Tidak tertutup kemungkinan pelabuhan akan ditutup kembali lantaran cuaca terus berubah-ubah," pungkasnya. (BB)