Kolaborasi Agribisnis UMM, Mahasiswa Agribisnis Unud Rampungkan Video Edukasi Usaha Hidroponik

  14 Agustus 2023 PENDIDIKAN Nasional

Mahasiswa Agribisnis Unud Rampungkan Video Edukasi Usaha Hidroponik dengan Berkolaborasi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Bali berkarya.com-Malang. Dr. Gede Mekse Korri Arisena, S.P.,M.Agb dan Ni Luh Made Indah Murdyani Dewi, S.P., M.Agb melaksanakan visiting ke prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Senin 14 Agustus 2023. Kegiatan visiting ini dilakukan dalam rangka memonitoring kegiatan program  Penelitian/Riset Kampus Merdeka 2023 yang melibatkan tiga mahasiswa Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Udayana yaitu I Putu Putra Wardana Prayuda, Anak Agung Ayu Ratna Cahyani dan Ni Made Gita Santhika Dewi. 

Dapat di informasikan tiga mahasiswa Prodi Agribisnis UNUD telah melaksanakan penelitian dan survei lapangan selama 4 bulan (Mei – Agustus) di wilayah Malang Raya (Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang), ketiga mahasiswa ini sehari-hari dalam pelaksanaan proses penelitian ber homebase di Program Studi Agribisnis UMM.

Dr. Gede Mekse Korri Arisena saat ditemui langsung dalam kegiatan visiting menyatakan saat ini ketiga mahasiswa telah melaksanakan survei ke lapangan, menyusun draf jurnal untuk luaran dan persiapan pembuatan video edukasi. Aktifitas mahasiswa yang dilaporkan terakhir per tanggal 14 Agustus 2023 adalah proses editing video edukasi tentang usaha hidroponik komoditas holtikultura. 

Dosen Prodi Agribisnis Unud yang akrab disapa Gede Korri menambahkan dari hasil pantauan kegiatan mahasiswa sudah sesuai dengan tahapan kerja yang telah di jadwalkan sebelumnya. Ditemui langsung pada saat visiting Ni Made Gita Santhika Dewi menyatakan kendala dalam pelaksanaan penelitian ini adalah responden yang kurang terbuka sehingga data yang didapat kurang, namun hal ini bisa atasi dengan komunikasi secara perlahan dengan responden dan menyampaikan tujuan kedatangan kami sehingga pada akhirnya responden perlahan mau terbuka untuk kami kumpulkan datanya. 

Di lain pihak Anak Agung Ayu Ratna Cahyani menyatakan terdapat beberapa responden yang tidak menyambutnya dengan baik, hal itu juga menjadi kendala dan tantangan baginya.  Solusi dari kami terkait responden yang tidak menyambut kami dengan baik adalah dengan komunikasi secara perlahan dan menyampaikan maksud kedatangan kami secara perlahan responden juga memahami maksud kedatangan kami. 

Lebih lanjut I Putu Putra Wardana Prayuda mengungkapkan kendala yang di hadapi adalah dalam tabulasi data dan analisis data, namun hal itu dapat kami atasi dengan studi pustaka terkait dengan cara tabulasi data dan analisis data serta melakukan bimbingan dengan dosen pembimbing.

Ary Bakhtiar, SP., M.Si selaku Dosen Pembimbing Lapangan (Dosen UMM) menyatakan Program Studi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Malang dimanfaatkan sebagai lokasi utama penelitian ini. Laboratorium dan Program Studi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Malang memiliki ruang bersama dalam mengelola konten-konten digital yang diberi nama ruang podcast. 

Ruang podcast ini diperuntukkan untuk menunjang kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan konten-konten digital baik untuk Youtube, Instagram hingga Tiktok baik untuk akun laboratorium maupun program studi. Ruang produksi konten digital bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa UNUD untuk membuat video edukasi tentang usaha hidroponik.(BB).

Sumber: https://www.unud.ac.id/