Koalisi dengan NasDem, Golkar Bali Sebut Belum Final Usung Mas Sumatri

  21 November 2019 POLITIK Denpasar

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Menindaklanjuti koalisi Golkar Bali dengan Nasdem dalam Pilkada Karangasem yang mengusung pertahana Mas Sumatri, Sekretaris DPD I Partai Golkar Provinsi Bali Nyoman Sugawa Korry menyatakan proses penjaringan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah untuk Pilkada Serentak 2020 baru akan dilakukan setelah Munas Partai Golkar. 
 
"Kami masih ada mekanisme dan proses di internal. Secara resmi proses itu menunggu Juklak yang akan ditetapkan dalam Munas nanti. Jadi untuk sementara memang koalisi dengan NasDem usung bu Mas belum final," jelas Sugawa Korry saat memberikan keterangan pers di Kantor DPD I Partai Golkar Provinsi Bali, Kamis (21/11/2019). 
 
Hal yang sama ditegaskan Plt Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Bali Gde Sumarjaya Linggih bahwa rencana koalisi dengan Partai NasDem pada Pilkada Serentak 2020 mendatang, belum final. Begitu pula dengan rencana mengusung incumbent IGA Mas Sumatri sebagai calon bupati Karangasem sampai saat ini baru sebatas wacana. 
 
 
 
"Belum final (usung bu Mas). Kami kan masih fokus pada agenda nasional, termasuk Musyawarah Nasional (Munas), Desember mendatang. Untuk tahapan Pilkada Serentak 2020, baru dimulai secara resmi setelah Munas," tegas Sumarjaya Linggih saat dikonfirmasi sejumlah media melalui saluran telepon, Kamis (21/11/2019). 
 
Terkait kehadiran Mas Sumatri dan jajaran Partai NasDem ke DPD I Partai Golkar Provinsi Bali beberapa waktu lalu, menurut Demer, sifatnya silaturahmi sekaligus permohonan dukungan dari Mas Sumatri untuk kembali maju di Pilkada Karangasem 2020. 
 
Dalam silaturahmi tersebut, Demer, sapaan akrab anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI ini mengaku Partai Golkar sama sekali belum memberikan jawaban final untuk bersama-sama dengan Partai NasDem mengusung Mas Sumatri. 
 
"Itu sebatas komunikasi politik. Itu bagus. Tetapi soal apakah Golkar sudah final berkoalisi dengan NasDem dan mengusung Bu Mas, kan belum. Karena kami masih punya proses dan mekanisme penjaringan di internal," jelas Demer.
 
 
 
Seperti diberitakan sebelumnya, Bupati Karangasem Mas Sumatri silaturahmi ke DPD I Partai Golkar Provinsi Bali meminta dukungan Partai Golkar untuk bersama - sama mendukung dirinya pada Pilkada Karangasem 2020. Selain secara lisan, Mas Sumatri juga meminta dukungan secara tertulis pada kesempatan tersebut. 
 
Selain untuk Karangasem, harapan agar Partai Golkar berkoalisi dengan Partai NasDem juga dapat dilakukan di lima daerah lainnya yang akan menggelar Pilkada. Kelima daerah lain yang menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020 adalah Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Tabanan, Jembrana, dan Bangli.(BB).