Kebakaran 2 Lahan di Banjar Ngoneng, Penyebab Diduga Percikan Api Rokok

  22 Oktober 2023 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : Lahan milik warga Banjar ngoneng yang terbakar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Kebakaran lahan terjadi di Banjar Ngoneng, Desa Mendoyo Dauh Tukad, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana pada Minggu (22/10/2023) sekitar pukul 13.59 Wita. Kebakaran tersebut menghanguskan lahan milik dua orang warga, yaitu I Putu Widana dengan luas lahan 66 are dan I Putu Rantia dengan luas lahan 90 are.

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Mendoyo Kompol I Putu Suarmadi mengatakan, kebakaran diduga disebabkan oleh percikan api dari puntung rokok. "Saat terjadi kebakaran, salah satu warga melintas dan melihat lahan milik korban I terbakar. Kemudian warga tersebut menghubungi selaku perangkat desa Mendoyo Dauh Tukad," terangnya.

Atas laporan dari warga, lanjut Suarmadi, warga yang bekerja sebagai perangkat desa tersebut  kemudian menghubungi Bhabinsa Desa Mendoyo Dauh Tukad untuk menghubungi Damkar Kabupaten Jembrana.

“Sebelum Damkar tiba di lokasi kebakaran, warga setempat berusaha memadamkan api fersebut dengan cara manual. Api berhasil dipadamkan sekira pukul 14.45 Wita,” jelasnya.

Menurutnya, Saat terjadi kebakaran, yang terbakar adalah tumbuh-tumbuhan yang mudah terbakar seperti semak-semak, rumput kering, dan pohon bambu. “Atas peristiwa tersebut, kedua korban tidak mengalami kerugian materiil,” ucapnya.

Pihaknya menghimbau, musim kemarau masyarakat untuk berhati-hati dalam membuang puntung rokok. Puntung rokok yang dibuang sembarangan dapat menyebabkan kebakaran.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan," kata Suarmadi. (BB)