Karangasem Kirim 889 Pramuka Ikuti Raimuna

  11 September 2016 PERISTIWA Karangasem

Baliberkarya.com/ist

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Karangasem. Sebanyak 889 anggota gerakan Pramuka tingkat penegak dan pandega di Kabupaten Karangasem, Bali mengikuti Raimuna Cabang (Raicab) dan lomba tingkat (LT) III selama empat hari, 10- 13 September 2016. 
 
Mereka terdiri dari peserta Raimuna 405 orang (160 putra, 176 Putri dan pendamping 69 orang), peserta LT III 359 orang (144 putra, 168 putri dan pendamping 47 orang), disamping panitia 125 orang.
 
Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kambicab) membuka kegiatan tersebut di Lapangan Yowana Wijaya Amlapura, Minggu!(11/9/2016).
 
Pada kesempatan itu Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri mengatakan, gerakan pramuka merupakan pendidikan non formal sebagai wadah pendidikan karakter bangsa. 
 
Gerakan Pramuka dari tingkat pusat hingga gugus depan merupakan stuktur dan koordinasi yang baik dari pusat hingga gugus depan menjadi modal dalam mempercepat pendidikan gerakan pramuka, ujar Bupati Mas Sumantri.
 
Ia menambahkan, pihaknya sangat mendukung setiap kegiatan Gerakan Kwatir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka. Pendidikan Pramuka sangat penting dan dibutuhkan dalam pengembangan mental yang tangguh dan berintegritas.
 
"Mental menjadi bekal utama untuk menumbuhkan kreativitas dan inovasi nyata yang bermanfaat bagi masyarakat luas," ujar Bupati Mas Sumatri.
 
Ia menilai kegiatan tersebut menjadi momentum untuk membangun kerja sama, kebersamaan dan kompetisi yang sehat. Generasi muda dengan semakin sering digodok dan dilatih dapat mencetak generasi yang dapat melanjutkan estapet kepeminpinan masa depan bangsa.
 
Ia mengharapkan melalui kegiatan tersbut mampu mencetak sumber daya manusia yang berkualitas.
 
Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang Karangasem I Gede Ariyasa melaporkan, kegiatan tersebut bertujuan mengevaluasi hasil pembinaan Pramuka penggalang dan penegak di Karangasem dan memilih Regu, Sangga berprestasi unggul sebagai duta Kwarcab Karangasem pada lomba Tingkat IV Daerah Bali Tahun 2016 dan Raimuna Daerah di Margarana, Tabanan, 2-6 Oktober 2016.
 
Selain itu mempererat tali silaturahmi antar anggota pramuka penggalang dan penegak se Kwarcab Karangasem.
 
Bentuk kegiatan yang dilaksanakan antara lain perkemahan, pentas seni, karnaval, anjangsana, pengetahuan kewirausahaan, pengetahuan kesukaan, permainan tradisioal, penghijauan, bumbung kemanusiaan dan Pramuka perduli. 
 
Sedangkan LT III berupa lomba yel Regu, LKBB Tongkat, Lomba cerdas Tangkas, lomba sandi dan lomba peta panorama. (BB/ant)