Jembrana Gelar Lomba Ogoh-Ogoh dengan Sistem Penilaian di Tempat

  18 Januari 2024 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Ket poto : Ogoh-ogoh Juara I dari STT Kembang Sari Banjar Banyubiru tahun lalu

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana, Pemerintah Kabupaten Jembrana, Bali, memutuskan untuk menyelenggarakan lomba ogoh-ogoh menyambut Hari Suci Nyepi Tahun Caka 1946 yang jatuh pada Maret 2024 mendatang. Namun, lomba tersebut akan dilaksanakan dengan sistem penilaian di tempat pembuatan atau difokuskan di suatu tempat oleh tim penilai.

Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya ogoh-ogoh yang bermuatan politik dan SARA. Selain itu, sistem ini juga pernah diterapkan pada saat terjadinya pandemi COVID-19.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jembrana, Anak Agung Komang Sapta Negara, menjelaskan bahwa pihaknya telah berdiskusi dengan perwakilan Yowana dan disepakati dana apresiasi tetap diberikan seperti tahun lalu.

"Tahun ini kita tetap menganggarkan dana apresiasi Rp2.5 juta per STT untuk menyambut momen Hari Suci Nyepi Maret mendatang. Jumlah penerimanya atau kuotanya masih tetap sesuai data sebelumnya yakni 284 STT," ungkapnya. Kamis (18\1\2024).

Nilai tersebut akan diberikan kepada peserta yang memenuhi syarat, yakni seperti menyetor KTP, No Rekening STT (Kelompok) karena bersifat non tunai (ditransfer) serta NPWP kelompok. "Kami harap semua Sekaa Truna Trunin di Jembrana ini semangat untuk berkreativitas seni," harapnya.

Sapta Negara menegaskan, karena momen ini mulai dilaksanakan pada rangkaian Pemilu 2024, Sekaa Truna Truni diharapkan menghindari ogoh-ogoh bermuatan politik. "Selain itu juga hindari yang bermuatan isu SARA," tegasnya.

Selain itu, kata dia, ada juga sejumlah kriteria yang ditentukan. Diantaranya seperti menggunakan bahan ramah lingkungan, tidak menggunakan Styrofoam, spons dan bahan plastik sekali pakai. "Kemudian ada juga kriteria tidak meniru atau menjiplak ogoh-ogoh yang sudah pernah dibuat sebelumnya," tandasnya.

Pendaftaran lomba ogoh-ogoh akan dibuka mulai 26 Januari hingga 13 Februari 2024. (BB)