Jelang Nataru, Dermaga MB IV Diuji Coba Dengan Kapal Ukuran Jumbo

  11 Desember 2023 PERISTIWA Jembrana

Ket poto: dermaga movable bridge (MB) IV di Pelabuhan Gilimanuk akhirnya selesai dan diuji coba

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Setelah sekian lama dibangun, dermaga movable bridge (MB) IV di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana akhirnya selesai. Dermaga tersebut diuji coba kapal berukuran jumbo pada Minggu (10/12/2023) sore sebelum dioprasikan untuk melayani angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kapal yang di pakai uji coba yang berukuran jumbo adalah kapal motor penumpang (KMP) Jatra II milik PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang. Kapal berkapasitas jumbo itu berlayar dari Pelabuhan Ketapang dan langsung menuju Dermaga MB IV.

General Manager (GM) PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang, Syamsudin, membenarkan dermaga tersebut diuji coba sebelum dioprasikan. “Kemarin sore dioprasikan. Kapal tersebut memuat kendaraan dinas ASDP dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi,” ungkapnya. Senin (11/12/2023).

“KMP Jatra II tidak terlalu lama melakukan olah gerak untuk sandar dengan sempurna di dermaga MB IV. Secara umum, uji coba dermaga baru (MB IV) berjalan lancar," ujarnya.

Menurutnyan, selain KMP Jatra II yang berukuran besar bisa sandar dengan baik, uji coba bongkar muat juga berjalan dengan lancar. Artinya, dermaga MB IV sebagai pengganti dermaga ponton itu, sudah dapat dioperasikan guna mendukung kelancaran angkutan Nataru. “Sudah lancar tinggal perapihan sisa-sisa bahan kerjanya," jelas Syamsudin.

Untuk pengoperasiannya, Syamsudin mengaku masih menunggu jadwal di release oleh BPTD. "Kalau sudah ada jadwal kami akan sampaikan," pungkasnya. (BB)