Jelang Hari Raya, Bali Diserbu Janur dan Buah dari Jawa

  23 Februari 2024 PERISTIWA Jembrana

Ket poto: Salah satu kendaraan mengangkut pisang menuju ke Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan, pengiriman komoditi janur dan buah dari Pulau Jawa ke Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana mengalami peningkatan signifikan.

Hal ini terlihat dari data Unit Pelayanan Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Cekik Gilimanuk yang menunjukkan kenaikan jumlah kendaraan pengangkut janur dan buah dibandingkan bulan lalu dan pekan sebelumnya.

Koordinator Satpel UPPKB Cekik, I Made Ardana, mengatakan bahwa pada Rabu (21/2/2024) atau sepekan sebelum Galungan, terdapat 27 unit kendaraan barang yang masuk ke Bali melalui Gilimanuk membawa komoditi tersebut.

“17 unit membawa buah dengan tujuan Denpasar, dan 10 unit membawa janur, yang mayoritas berasal dari Jawa Timur,” terangnya. Jumat (23/2/2024).

Menurutnya, rata-rata 2 kendaraan angkut Janur masuk tiap harinya dari Jawa. Namun pada awal pekan ini sudah meningkat antara 8-10 kendaraan angkut janur. “Kemungkinan jumlah itu akan bertambah mendekati hari raya Galungan," jelasnya.

Ardana memprediksi, karena ada hari raya, diprediksi permintaan semakin hari semakin meningkat untuyk kebutuhan janur dan buah digunakan sebagai upakara Galungan. “Saya memperkirakan peningkatan pengiriman ini akan terus terjadi hingga beberapa hari menjelang Galungan,” pungkasnya. (BB)