Inflasi Bali 'On Track', BI Bersama ARW Bagikan Ribuan Sembako Jaga Daya Beli Masyarakat

  22 Juli 2023 EKONOMI Denpasar

penyerahan paket sembako Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) dalam rangka hari keagamaan muslim Hari Raya Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H, di Kecamatan Denpasar Barat, Sabtu sore (22/7/2023).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Bank Indonesia (BI) bersama pemerintah dan Tim Pengendali Inflasi Daerah terus berupaya melakukan berbagai kebijakan dan program agar laju inflasi bisa dikendalikan. Pasalnya, laju inflasi yang tinggi akan berpotensi meningkatkan dampak kemiskinan.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, G.A. Diah Utari, memastikan inflasi Bali on track pada rentang target sasaran inflasi 3 ± 1%. Di sisi lain, dampak cuaca El Nino dan kenaikan harga kebutuhan pokok termasuk keperluan upakara menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan, juga patut diwaspadai.

Diah Utari menegaskan, Bank Indonesia bersama pemerintah daerah dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah akan terus berupaya menekan inflasi sehingga daya beli masyarakat tetap terjaga. Beberapa langkah yang dapat dilakukan adalah mengoptimalkan penyaluran beras SPHP, melanjutkan operasi pasar dan bazar pangan murah secara regular, fasilitasi bantuan untuk embung dan menjaga kelancaran saluran irigasi untuk menjamin produksi pertanian.

"Pembagian paket sembako rangka Hari Raya Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H ini juga bagian dari upaya itu untuk menjaga daya beli masyarakat," kata Diah Utari disela acara penyerahan paket sembako Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) dalam rangka hari keagamaan muslim Hari Raya Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H, di Kecamatan Denpasar Barat, Sabtu sore (22/7/2023).

Bersama Anggota DPR RI Komisi XI, I Gusti Agung Rai Wirajaya (ARW) dan tokoh perempuan, Anak Agung Istri Paramita Dewi (APD), Diah Utari mengungkapkan dalam beberapa hari terakhir terjadi kenaikan harga daging dan telur ayam ras, termasuk bawang putih.

"Harga daging dan telur ayam itu disebabkan oleh meningkatnya harga pakan ternak selain mungkin karena produksinya juga ya tapi kalau bawang putih sekarang ini sudah berangsur menurun karena distribusinya makin lancar," jelasnya. 

Sementara, Agung Rai Wirajaya (ARW) menyatakan terkait pendistribusian 2.000 paket sembako dalam rangka Hari Raya Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H di Kecamatan Denpasar Barat, merupakan wujud toleransi antar umat beragama di Provinsi Bali.

"Saya di Komisi XI bersama mitra kerja kami Bank Indonesia memfasilitasi penyerahan sembako ini sebagai tindak lanjut dari direalisasikannya proposal permohonan bantuan peringatan hari keagamaan dalam rangka Hari Raya Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah dari Pengurus Pusat Aliansi Pemuda Hindu Bali kepada Bank Indonesia melalui Program Sosial Bank Indonesia," ucap Agung Rai Wirajaya (ARW).

Anggota Fraksi PDI Perjuangan dari Dapil Bali secara simbolis menyerahkan sebanyak 1.000 paket diserahkan kepada lembaga/kelompok masyarakat. Antara lain Aliansi Pemuda Hindu Bali, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Tegal Harum, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Tegal Harum Denpasar, Rukun Warga Muslim Silahturahmi, Dusun Sanga Agung Denpasar, Rukun Warga Muslim Perumnas Denpasar Barat.

Selain itu, Majelis Taklim Mushalla Al-falah Kepaon Pemogan, Muslim Mujahirin Pemogan Denpasar Selatan, Majelis Taklim Al-ikhlas Tanjung Bungkak Denpasar Timur, Kelompok Muslim Salya Baru Denpasar Utara, Kelompok Suka Duka Citarum Padangsambian Kaja Denpasar Barat, Banjar Tempekan Udiana Santi Ubung Kaja Denpasar Utara, Kelurahan Dauh Puri Denpasar Barat, dan Al-iman Tegeh Sari, Padangsambian Kaja Denpasar Barat.

"Nanti sisanya 1.000 paket lagi akan disalurkan pada kesempatan lain secara door to door dan menyebar di lokasi penerima bantuan di beberapa kabupaten yang ada di Bali," terang ARW sapaan akrab Agung Rai Wirajaya.

Sedangkan, tokoh perempuan, Anak Agung Istri Paramita Dewi (APD) yang dikenal srikandi PDI Perjuangan sekaligus Bacaleg DPRD Provinsi Bali dari Dapil Kota Denpasar ini berharap ribuan paket sembako kepada masyarakat ini akan membantu meringankan pemenuhan kebutuhan pangan mereka.

"Paket sembako ini sangat dibutuhkan masyarakat, semoga ini bisa sedikit meringankan beban bapak ibu memenuhi kebutuhan pangan di keluarga," tutupnya.(BB).