Hebat! Buleleng Raih Peringkat Satu Nirwasita Tantra Award 2016

  21 Juli 2016 PERISTIWA Buleleng

istimewa

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Nasional. Kabupaten Buleleng, Bali, meraih peringkat satu Nirwasita Award 2016 yang diumumkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui situs www.menlhk.go.id, Kamis (21/7/2016). Buleleng menjadi jawara peringkat satu untuk kategori kabupaten.

Rencananya, trofi dan penghargaan ini akan diserahkan Presiden Joko Widodo pada peringatan Puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Days) pada Jumat (22/7/2016) di Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Nirwasita Tantraadalah penghargaan dari Pemerintah yang diberikan kepada Kepala Daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan, dan/atau program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Penghargaan Nirwasita Tantramerupakan piala bergilir yang dikompetisikan setiap tahun bagi seluruh Daerah. Setiap tahun hanya terseleksi 1 (satu) Provinsi, dan 1 (satu) Kabupaten/Kota terbaik yang berhak memperoleh Penghargaan Nirwasita Tantra.

Penghargaan Nirwasita Tantradinilai berdasarkan dokumen Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD), yaitu Dokumen yang menyatakan kondisi, permasalahan, dan kebijakan dan/atau program yang ditetapkan dan diterapkan oleh Daerah dalam melakukan pengelolaan lingkungan hidup di daerahnya.

Penilaian SLHD Kabupaten/Kotaoleh Kementerian Lingkungan Hidup dilakukan terhadap 3 (tiga) Kabupaten/Kota nominator yang diusulkan oleh Badan Lingkungan Hidup Daerah Provinsi. Untuk Tahun 2016 terdapat 57 Kabupaten/Kota nominator yang diusulkan oleh 29 Badan Lingkungan Hidup Provinsi untuk berkompetisi memperoleh Penghargaan Nirwasita Tantra Tingkat Kabupaten/Kota.

Berikut pengumuman selengkapnya.

Berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor : SK.478/MENLHK/SETJEN-DTN.0/6/2016 Tanggal 17 Juni 2016, telah ditetapkan Pemenang Nirwasita Tantra Award Tahun 2016 adalah sbb:

A. Tingkat Provinsi

Peringkat I : Provinsi Jawa Timur

Peringkat II : Provinsi Jawa Barat

Peringkat III : Provinsi Sumatera Barat

Peringkat IV : Provinsi Sulawesi Selatan

Peringkat V : Provinsi Jambi

B. Tingkat Kabupaten

Peringkat I : Kabupaten Buleleng

Peringkat II : Kabupaten Dharmasraya

Peringkat III : Kabupaten Bandung

Peringkat IV : Kabupaten Lumajang

C. Tingkat Kota

Peringkat I : Kota Surabaya

Peringkat II : Kota Balikpapan

Peringkat I untuk Tingkat Provinsi, Tingkat Kabupaten, dan Tingkat Kota, akan memperoleh Trophi Bergilir Nirwasita Tantra yang akan diberikan oleh Presiden Republik Indonesia pada peringatan Puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Days) pada tanggal 22 Juli 2016 di Kabupaten Siak Provinsi Riau.

Peringkat I s/d Peringkat III Tingkat Provinsi dan Tingkat Kabupaten, akan memperoleh Trophi Tetap dan Piagam Penghargaan Nirwasita Tantra dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang akan diberikan oleh Presiden Republik Indonesia pada peringatan Puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Days) pada tanggal 22 Juli 2016 di Kabupaten Siak Provinsi Riau.

Peringkat I dan Peringkat II Tingkat Kota, akan memperoleh Trophi Tetap dan Piagam Penghargaan Nirwasita Tantra dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang akan diberikan oleh Presiden Republik Indonesia pada peringatan Puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Days) pada tanggal 22 Juli 2016 di Kabupaten Siak Provinsi Riau.

Peringkat IV dan Peringkat V Tingkat Provinsi, serta Peringkat IV Tingkat Kabupaten, akan memperoleh Trophi dan Piagam Penghargaan Nirwasita Tantra dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang akan diberikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada Acara Malam Penganugrahan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tanggal 22 Juli 2016 di Kabupaten Siak Provinsi Riau. (BB)