H+2 Arus Balik Meningkat, Petugas Tingkatkan Pemeriksaan di Pos 2 Gilimanuk

  26 April 2023 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : Petugas kepolisian saat mengecek kendaraan masyarakat yang baru turun dari kapal

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Meningkatnya arus kendaraaan maupun pejalan kaki arus balik H+2 di Pelabuhan Gilimanuk, Polres Jembrana memperketat pemeriksaan kendaraan yang baru turun dari kapal di Pos 2 Pelabuhan Gilimanuk. Hal tersebut guna mengantisipasi penyelundupan baranng-barang terlarang yang masuk Bali.

Untuk mengantisipasi barang terlarang masuk ke Bali lewat Pelabuhan Gilimanuk serta mengecek kelengkapan sutar kendaraan bermotor, Polres Jembrana melakukan penebalan personal sebanyak 45 personil. Hal tersebut dilakukan lantaran diakhir libur bersama lebaran 2023 terjadi lonjakan penumpang dan kendaraan dali Pelabuhan Ketapang yang sampai pukul 08.00 wita hari ini sudah mencapai 46,633 orang.

Saat dikonfirmasi Manager PT ASDP Pelabuhan Gilimanuk Djumadi mengatakan, menurut data yang diperoleh mulai pada hari Selasa (25/4/2023) dari pukul 08.00 wib sampai 08.00 wib hari Rabu (26/4/2023) Jumlah penumpang dan pejalan kaki masuk ke Pelabuhan Gilimanuk H+2 dari Ketapang tercatat sebanyak 46,633 orang.

“Ini terjadi peningkatan pada saat di H+1 yang sebanyak 43,086 orang, sedangkan kendaraan baik roda dua, roda empat, bus serta truk di H+2 sebanyak 10,468 unit yang sebelumnya pada H+1 sebanyak 7.040 unit,” ungkapnya. Rabu (26/4/2023).

Sementara, imbuh Djumadi, jumlah penumpang dan pejalan kaki yang meninggalkan Bali di H+2 sebanyak 32,280 orang, di H+1 sebanyak 28.374 orang, sedangkan kendaraan baik roda dua, roda empat, bus serta truk di H+2 sebanyak 6.875 unit, saat di H+1 kendaraan meninggalkan Bali sebanyak 6.428 unit.

Ditempat terpisah Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana mengatakan, pihaknya sudah melakukan penebalan personal saat arus balik sebanyak 45 personil untuk membantu di pos pemeriksaan kedatangan. “Ya kita sudah menambah personal untuk mengantisipasi barang terlarang maupun surat-surat kendaraan yang akan masuk Bali di Pos 2 Pelabuhan Gilimanuk,” terangnya.

Selain itu, lanjut Dewa Gde, penambahan personal juga bertujuan masyarakat masuk Bali menjadi lebih cepat dan mencegah antrian di dalam wilayah Pelabuhan. “Selain memantau arus balik dari Jawa, kami juga memantau arus balik wisatawan yang datang dari arah timur (Denpasar) yang akan meninggalkan Bali,” jelasnya.

Dewa Gde berharap, pihaknya berharap dengan mempertebal keamanan di pelabuhan bisa mencegah masuknya barang terlarang ke Pulau Dewata, sehingga keamanan dan ketertiban masyarakat dapat terjaga dengan baik. "Kami hatapkan juga kepada masyarakat untuk bekerjasama dan melaporkan jika melihat hal-hal yang mencurigakan di sekitar pelabuhan," harapannya. (BB)