Ghasuku dan Ujian Kenaikan Tingkat Lemkari Bali Dipusatkan di Bangli

  22 Desember 2023 OLAHRAGA Bangli

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Bangli. Ghasuku dan Ujian Kenaikan Tingkat Lemkari Bali yang digelar di Alun-alun Kabupaten Bangli, telah dibuka secara resmi oleh Ketua Lemkari Bali, I Wayan Mudra, pada Jumat (22/12/2023) pagi.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 21 hingga 23 Desember 2023 tersebut diikuti oleh 1.050 karateka dan majelis sabuk hitam Lemkari Seluruh Bali.

Dalam laporannya, Ketua Majelis Sabuk Hitam Lemkari Bali, I Wayan Guntur, menyampaikan bahwa Ghasuku Daerah Lemkari Bali bertujuan untuk menjalin dan mengikat tali persaudaraan para karateka lemkari seluruh Bali. Selain itu juga sebagai tempat untuk penyamaan gerak atau tehnik, yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali.

Ketua Lemkari Bali, I Wayan Muntra, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Bangli merupakan salah satu pioner atau contoh bagi Lemkari Bali, karena ghasuku yang dilaksanakan hari ini merupakan ghasuku yang keempat kalinya dilaksanakan di Bangli.

"Sampai saat ini di Bangli baru ada 3 dojo, tetapi prestasi yang diraih oleh Lemkari Bangli baik ditingkat provinsi maupun nasional sangat luar biasa," kata Muntra.

Ia berharap untuk kedepan pemerintah Kabupaten Bangli agar bisa memberikan kesempatan kepada Lemkari untuk masuk ke sekolah- sekolah, mengingat olahraga karate adalah penyumbang medali paling dominan untuk Kabupaten Bangli.

Sementara itu Ketua DPRD Bangli, I Ketut Suastika yang juga selaku Ketua Umum Lemkari Bangli dalam kesempatan tersebut menyampaikan, dengan terpilihnya Bangli sebagai tuan rumah ghasuku lemkari Bali tahun 2023, semoga dapat memotivasi karateka Lemkari Bangli untuk bisa mengepakkan sayap.

"Saat ini di Kabupaten Bangli baru ada tiga dojo di Desa Batur Kecamatan Kintamani. Kedepannya akan membentuk dojo di masing-masing Kecamatan bahkan hingga ke tingkat Desa," kata Suastika.

Ia berharap dengan adanya dojo di masing-masing wilayah, pembinaan dan pelatihan karate dapat berkembang dengan baik, dan dapat lebih banyak lagi melahirkan karateka berprestasi di Kabupaten Bangli. (Rls/BB)