FMIPA Unud Lakuka Kajian Mekanisme Rekognisi Karya Prestasi Mahasiswa

  19 Januari 2024 PENDIDIKAN Denpasar

Foto: Kajian mekanisme rekognisi karya prestasi mahasiswa ke dalam nilai akademik FMIPA Unud, Jumat (19/1/2024). Sumber: FMIPA Unud.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar, Fakultas MIPA menggelar Rapat Kajian Rekognisi Karya Prestasi Mahasiswa dan Penilaian Nilai Akademik. Rapat yang dibuka oleh Dekan FMIPA Prof. Dra. Ni Luh Watiniasih, M.Sc, Ph.D pada pukul 10.31 WITA. Rapat ini juga dihadiri oleh para wakil dekan, koordinator Program Studi (KPS), serta tim pengkaji FMIPA, Bukit Jimbaran, Jumat (19/1/2024).

Dalam paparan tim penyusun yang diwakili oleh Koordinator Program Studi Farmasi, Dr. Eka Indra Setiawan, S.Far, M.Sc, Apt, disampaikan perlu upaya strategis mendorong dan memotivasi mahasiswa untuk membekali diri dengan hard skill dan soft skill. Hal ini data dijawab dengan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan di era society 5.0 yang meliputi. 

• Infrastruktur yang memadai terutama dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi untuk mengakomodir pesatnya kebutuhan dunia digital di era society 5.0 apalagi dalam proses pembelajaran.

• Menyiapkan tenaga pendidik atau dosen agar memiliki kecakapan di bidang dunia digital dan kreatif.

• Menyesuaikan kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan agar sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh dunia kerja maupun dalam rangka mencetak entrepreneur muda

Untuk itu upaya strategis yang bisa dilakukan diantaranya adalah: meningkatkan pelaksanaan MBKM dan apresiasi dan konversi kegiatan/prestasi mahasiswa.

Koordinasi kali ini membahas kajian rekognisi karya prestasi mahasiswa dan penilaian nilai akademik untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Fakultas MIPA. 

• KPS diminta untuk mempelajari kajian dan pedoman yang telah dibagikan agar dapat disesuaikan dengan program studi masing-masing.

• Mempertimbangkan indikator kualitas pendidikan tinggi, kualitas dosen, dan kurikulum pembelajaran.

• Persetujuan kajian dan buku pedoman akan diusulkan ke rektorat untuk fasilitasi ke unit terkait seperti USDI dan Perpustakaan.

• Pembuatan kriteria prestasi mahasiswa dan penyesuaian alur penilaian.

• Implementasi keputusan Rector No 1331 tahun 2021, termasuk analisis SWOT dengan data kuantitatif.

• Prodi Informatika telah melaksanakan rekognisi penilaian pada semester 7.

• Penyelenggaraan lomba Nasional dan Internasional harus dilampiri surat tugas mahasiswa dengan jadwal pelaksanaan dan pernyataan pengakuan SKS untuk rekognisi.

• Administrasi harus diperketat agar prestasi mahasiswa dapat diakui.

Rapat ditutup oleh Dekan Fakultas MIPA pukul 12.25 WITA, dengan harapan hasil kajian dapat segera diimplementasikan untuk meningkatkan kualitas akademik di Fakultas MIPA. (BB/212)

Sumber: Unud.ac.id