FKP Unud Bersama Kwansei Gakkuin University Gelar Summer Science

  10 Agustus 2023 PENDIDIKAN Badung

Summer Science Program secara online antara KGU (Kwansei Gakkuin University) dan Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) UNUD yang merupakan salah satu kegiatan kerjasama antara KGU dan FKP Unud di bidang pendidikan.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Bali berkarya.com-Jimbaran. Pada hari Rabu, 10 Agustus 2023 telah berlangsung kegiatan Summer Science Program secara online antara KGU (Kwansei Gakkuin University) dan Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) UNUD yang merupakan salah satu kegiatan kerjasama antara KGU dan FKP Unud di bidang pendidikan. Acara ini merupakan kegiatan kali ketiga yang dilaksanakan secara online. 

Turut berpartisipasi dalam kegiatan yang terdiri atas 6 pengajar dan 15 mahasiswa kolaborasi, baik yang berasal dari FKP Unud dan KGU. Kegiatan ini akan berlangsung selama 1 bulan dan dilaksanakan selama kurang lebih 2 minggu di bulan Agustus 2023. 

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Direktur Urusan Internasional KGU (Prof. Hiroyuki Toh), Dekan KGU (Prof. Shinsuke Fujiwara), dan Dekan FKP Unud (Prof. I Wayan Nuarsa). Dalam sambutan dekan FKP, Prof. Dr. Ir. I Wayan Nuarsa, M.Si. berharap kegiatan kerjasama dapat berlangsung secara berkelanjutan antara KGU dan Universitas Udayana khususnya Fakultas Kelautan dan Perikanan. 

Selanjutnya perkuliahan berlangsung dengan topik menarik diantaranya Marine Biology, Marine Debris, Environmental Remote Sensing, Analytical Technology for Environment Studies (ATES), Amino acid sequence analysis for marine science (AASA), dan Photosynthesis in Marine Science (PMS).

Materi disampaikan oleh beberapa pengajar FKP dan KGU yaitu Prof. I Wayan Arthana, I Gede Hendrawan, PhD., I Wayan Gede Astawa Karang PhD., Assoc. Prof. Bibin Bintang Andriana, Prof. Hiroyuki Toh, Prof. Yusuke Matsuda. Grup kecil dibuat dari 15 jumlah peserta menjadi 3 kelompok. 

Pada setiap akhir penyampaian materi dilakukan sesi diskusi pada setiap kelompok dan dipresentasikan pada akhir kegiatan. Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa mampu memperluas wawasan serta pengalaman dalam skala internasional. 

Kolaborasi program antara KGU dan Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Udayana diinisiasi sejak tahun 2015. Selain itu KGU telah memberikan kesempatan kepada alumni Fakultas Kelautan dan Perikanan untuk dapat melanjutkan studi melalui berbagai tawaran beasiswa. 

Sampai saat ini ada 4 alumni FKP yang melanjutkan studi di KGU. FKP Udayana berharap kerjasama dan hubungan baik antara kedua institusi akan tetap terjaga dan meningkat setiap tahunnya demi kepentingan bersama, baik dalam aspek akademik maupun non-akademik.(BB).

Sumber: https://www.unud.ac.id/