FIB Unud Gelar Webinar Relasi Agama dan Budaya Serangkaian HUT Ke-22 Prodi Doktor

  15 Juni 2023 PENDIDIKAN Denpasar

Baliberkarya (Dok UNUD)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Denpasar. Program Studi Doktor Kajian Budaya, FIB Unud menyelenggarakan webinar serangkaian Bulan Kajian Budaya, HUT ke-22 Program Studi Doktor Kajian Budaya. Webinar kali ini bertajuk “Relasi Agama dan Budaya Perspektif Kritis Sosiologi Agama”. Hadir sebagai narasumber, yaitu Prof. Ida Bagus Gede Yudha Triguna, M.S., Guru Besar Universitas Hindu Indonesia. Webinar ini diselenggarakan secara daring dan dapat disaksikan melalui tautan: https://www.youtube.com/live/do_Qelmo6rc?feature=share. Kamis, 15 Juni 2023,

Kegiatan ini dibuka oleh Koordinator Program Studi Doktor Kajian Budaya FIB Unud, Prof. Dr. I Nyoman Darma Putra. Dalam sambutannya, Prof. I Nyoman Darma Putra menyampaikan rasa terima kasih dan mengapresiasi Prof. Ida Bagus Gede Yudha Triguna, M.S. karena telah berkenan membagikan ilmu kepada mahasiswa Program Studi Doktor Kajian Budaya. “Rasa apresiasi setinggi-tingginya saya sampaikan kepada Prof. I.B.G. Yudha Triguna atas perkenannya bersedia berbagi ilmu kepada kami di Prodi Doktor Kajian Budaya, FIB Unud”, ujarnya.

Dalam sesi pemaparan materi, Prof. Ida Bagus Gede Yudha Triguna, M.S. memberikan penjelasan yang sangat rinci mengenai relasi agama dan budaya, terutama dalam perspektif kritis sosiologi agama. Beliau juga menyampaikan bahwa hegemoni mayoritas dan minoritas, terutama pada fenomena agama seringkali penganut suatu agama berhenti pada bentuk-bentuk ekspresif. “Kita sering hanya berkutat pada bagian luarnya saja. Padahal, di atas itu kita mestinya menggali apa yang disebut simbol kognitif, evaluatif, dan simbol konstruktif sebagai aksiomatik dari simbol itu”, ujarnya.

Acara yang dimoderatori oleh Dr. I Wayan Suardiana, salah satu dosen Prodi Doktor Kajian Budaya Unud, dihadiri tidak hanya dari mahasiswa Program Studi Doktor Kajian Budaya saja,  tetapi juga dari berbagai kalangan, di antaranya mahasiswa Universitas Hindu Indonesia, cendekiawan agama serta pemerhati budaya. (mn)

Sumber: https://www.unud.ac.id/