FIB Unud Gelar Pelatihan Peningkatan Kualifikasi Peneliti

  14 Juni 2023 PENDIDIKAN Denpasar

Baliberkarya (Dok UNUD)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana menggelar pelatihan bertajuk “Peningkatan Kualifikasi Peneliti” pada Rabu, 14 Juni 2023 bertempat di ruang Dr. Ir. Soekarno, FIB Unud. Hadir dalam acara ini, yaitu Wakil Dekan I FIB Unud, I Nyoman Aryawibawa, Ph.D, Ketua LPPM Unud, Prof. Dr. I Nyoman Suarsana, Ketua UP2M FIB Unud, Prof. Dr. I Made Netra, serta para dosen di lingkungan FIB Unud.

Acara diawali dengan sambutan Wakil Dekan I FIB Unud, I Nyoman Aryawibawa, Ph.D. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa tujuan pelatihan ini adalah di samping untuk menunjang audit mutu internal (AMI) dan akreditasi program studi, juga untuk menginformasikan berbagai skema penelitian. “Acara ini digelar untuk memberikan pengetahuan bagi para dosen tentang berbagai model skema penelitian serta untuk meningkatkan kualifikasi peneliti”, ujarnya.

Dalam pemaparannya, Prof. Suarsana, yang saat ini menjabat sebagai Ketua LPPM Unud mengungkapkan bahwa terdapat beberapa kualifikasi yang bisa ditingkatkan sebagai seorang peneliti. “Seorang peneliti sebenarnya dapat meningkatkan kualifikasinya. Hal yang dapat dilakukan, di antaranya dengan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, jaringan profesional, publikasi penelitian, kolaborasi penelitian, dan mengembangkan metode penelitian” ujarnya.

Selain itu, Prof. Suarsana juga menyampaikan berbagai skema penelitian yang didanai oleh Universitas Udayana. Beberapa skema penelitian tersebut, antara lain hibah grup riset udayana (HGRU), penelitian unggulan program studi (PUPS), penelitian dosen muda, penelitian unggulan udayana, dan lain-lain. 

Sumber: https://www.unud.ac.id/