Dukung Prabowo Presiden 2024, Penggiat Mangrove Lanang Sudira Siap Rebut Kursi DPRD Bali di Pileg 2024

  27 Juni 2023 POLITIK Gianyar

Foto: Penggiat Mangrove I Wayan Sudira yang juga Kader Partai Gerindra Bali dan biasa dipanggil Lanang Sudira.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Gianyar. Penggiat Mangrove I Wayan Sudira yang juga Kader Partai Gerindra Bali dan biasa dipanggil Lanang Sudira siap merebut Kursi DPRD Provinsi Bali melalui Pemilu Legislatif (Pileg) Tahun 2024. Lanang Sudira digadang-gadang jadi caleg Partai besutan Prabowo Subianto untuk maju DPRD Bali dapil Gianyar.

Kecintaan Lanang Sudira terhadap lingkungan, khususnya Hutan Mangrove begitu sangat besar yang aktif melestarikan keberadaan Hutan Mangrove di Bali, Khususnya di Kawasan Konservasi Hutan Mangrove Tahura Ngurah Rai Bali. 

Lanang Sudira yang juga menjabat sebagai Humas dan Satgas Monitoring Forum Peduli Mangrove Bali (FPMB) mengatakan, pentingnya keberadaan Hutan Mangrove untuk Perubahan Iklim. "Seluruh negara di dunia akan mempertahankan hutan mangrove. Jangan sampai ada pembabatan Hutan mangrove di Bali," kata Lanang Sudira di Gianyar, Selasa (27/6/2023).

Baca juga:

Untuk itu, sangat penting kehadiran negara dan pemerintah dalam mempertahankan hutan mangrove, apalagi Bali baru saja telah sukses sebagai tuan rumah penyelenggaraan KTT G20 dan semua kepala negara menanam mangrove di showcase mangrove KTT G-20 di kawasan Taman Hutan Raya Bali pada November 2022.

"Saya mengharapkan keberadaan hutan mangrove di Bali mulai dari Kawasan Bali Selatan yang luasnya 1.373,5 hektar yang berada di Kabupaten Badung dan Kota Denpasar, Kabupaten Jembrana, Kabupaten Buleleng dan di Kawasan Nusa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung agar mendapat perhatian serius dari Pemerintah," harap Lanang Sudira.

Demikian juga dengan kerusakan lingkungan di kawasan lereng Gunung Agung akibat adanya dugaan Galian C yang kurang terkontrol. Begitu juga dengan Kawasan Taman Nasional Bali Barat yang diduga sering terjadi ilegal logging. Termasuk juga masalah pertanian harus menjadi perhatian serius sehingga tidak ada lagi subak yang kekurangan air.

Baca juga:

Disamping aktif lestarikan mangrove dan lingkungan, Lanang Sudira juga dikenal telah memasuki dunia pertanian, khususnya budidaya pisang lokal Bali yang sering dimanfaatkan untuk kebutuhan upacara yadnya oleh umat Hindu di Bali. 

Selain itu, I Wayan Sudira yang akrab disapa Lanang Sudira ini terus aktif memperjuangkan Prabowo Subianto menjadi Presiden Republik Indonesia 2024. Ia semakin optimis memenangkan Prabowo Subianto yang semakin dikenal publik termasuk kalangan dunia internasional di tengah usulannya damai Rusia dan Ukraina.(BB).