Dukung Pedagang Kreatif Inovatif, Ketua TP.PKK Kota Denpasar Hadiri Lomba Cerdas Cermat Pedagang

  28 September 2023 HIBURAN Denpasar

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Denpasar. Ketua TP.PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara menghadiri kegiatan Lomba Cerdas Cermat Kreatif para pedagang pasar rakyat yang berlokasi di Pasar Suwung Batan Kendal pada Rabu (27/9). Kegiatan yang merupakan lanjutan dari Sekolah Pasar Rakyat yang telah berlangsung sebelumnya ini juga dihadiri Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa dan Kadis Perindang Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari.  

Ketua TP. PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada pedagang pasar agar terus menjaga kualitas dan mutu pasar menuju pasar yang sehat, ramah, dan segar. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan daya saing ditengah tantangan ekspansi pusat perbelanjaan dan toko swalayan serta menjamurnya pasar dadakan, diharapkan pasar tradisional tetap bertahan dan mampu bersaing. 

"Kegiatan ini bisa menjadi wadah untuk memberikan pemahaman bagi para pedagang pasar untuk terus bertahan dan mampu bersaing dengan tetap menjaga mutu dan kualitas pasar yang sehat, ramah, dan segar," ungkapnya.

Kadis Perindag, Nyoman Sri Utari menambahkan, bahwasanya pasar rakyat memiliki posisi yang strategis karena menjadi wahana penting bagi penjualan produk-produk berskala ekonomi rakyat. Dimana pasar menjadi tumpuan penting bagi para petani, nelayan, dan perajin untuk menjual hasil olahan maupun panen nya. Selain itu pasar rakyat bisa menjadi tempat para konsumen untuk melakukan interaksi tawar-menawar dan sebagai indikator stabilitas pangan. 

"Pasar rakyat masih memiliki tempat yang strategis karena menjadi tempat untuk para petani, nelayan, maupun perajin untuk menjual hasil olahan dan panen nya, selain itu di pasar rakyat bisa dilakukan interaksi tawar-menawar antara para pedagang dan konsumen," tuturnya.

Ditambahkannya, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wahana belajar bersama untuk bertukar gagasan dan menciptakan inovasi antara para pedagang pasar. Adapun peserta lomba cerdas cermat terdiri dari 4 tim, yang masing-masing tim terdiri dari 3 orang pedagang dan pengelola pasar rakyat. Tim tersebut berasal dari Pasar Suwung Batan Kendal dan Pasar Serangan. 

"Semoga kegiatan ini dapat berlanjut dalam upaya meningkatkan daya saing pasar tradisional dengan meningkatkan kompetensi pedagang dan pengelola," ujarnya. (Rls/BB)