Dua Kali Gempabumi Guncang Kupang, NTT. BNPB: Tidak Berkaitan dengan Gempa Lombok

  28 Agustus 2018 PERISTIWA Nasional

berbagai sumber

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Kupang. Telah terjadi gempabumi dua kali dengan kekuatan M 6,2 dan M 5,8 di tenggara Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (28/8). BMKG melaporkan Gempa pertama dengan magnitudo 6.2, berlangsung pada pukul 14:08:10 WIB, dengan lokasi 10.96 LS,124.16 BT (106 km Tenggara KUPANG-NTT), di kedalaman 10 Km.
 
 
Gempa kedua dengan magnitudo 5.8, terjadi sekira pukul 14:13:29 WIB, dengan lokasi 10.99 LS,124.09 BT (105 km Tenggara KUPANG-NTT), di kedalaman 10 Km.
 
Posko BNPB telah mengkonfirmasi ke BPBD dan diperoleh laporan gempa dirasakan lemah selama 2 detik di Kota Kupang. "Tidak ada kepanikan di masyarakat. Masyarakat tetap melakukan aktivitas secara normal," ucap Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB dalam keterangannya Selasa (28/8).
 
 
Lanjutnya, gempa tidak dirasakan di Kabupaten Kupang. Gempa dirasakan lemah di Kabupaten Rotendao selama kurang lebih 2 detik. Aktivitas masyarakat tetap normal.
 
 
"Gempa ini tidak berpotensi berpotensi tsunami.Sumber gempa berasal dari zona subduksi yaitu pertemuan lempeng Hindia Australia dan lempeng Eurasia," ungkapnya.
 
Menurutnya, sumber gempa berbeda dengan sumber gempa di Lombok dan Sumbawa. "Kedua gempa yang terjadi pada hari ini tidak ada kaitannya," tandasnya.
 
 
Berdasarkan analisis peta intensitas gempa dirasakan II-III MMI. Artinya ringan dan tidak merusak. BPBD terus memantau dampak gempa. 
 
"Tidak ada korban jiwa dan kerusakan akibat gempa. Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang," pungkasnya.(BB)