DPRD Bali Tuntut Kemampuan Adaptasi Penyuluh Bahasa Bali

  08 Mei 2016 PERISTIWA Denpasar

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com- Kalangan anggota DPRD Bali mengusulkan dalam tes wawancara calon penyuluh bahasa Bali agar bisa diketahui kemampuan mereka untuk beradaptasi dengan masyarakat.

"Menurut kami, para penyuluh itu bukan hanya perlu kemampuan berbahasa Bali, tetapi mereka harus punya kemampuan untuk mudah beradaptasi dengan masyarakat," kata Wakil Ketua Komisi IV DPRD Bali, I Nyoman Wirya, BA di Denpasar, Minggu (8/5/2016).

Anggota Dewan dari Partai Golkar dapil Tabanan itu melihat nilai karakter itu sangat penting sehingga ke depannya kebutuhan masyarakat akan pelestarian bahasa Bali benar-benar bisa terjawab.

Pihaknya juga berharap pengumuman hasil tes tulis yang akan disampaikan Senin (9/5/2016) oleh tim seleksi agar disampaikan secara transparan dilengkapi dengan skor yang diraih pelamar.

"Dengan demikian, jika terjadi komplain dan ketika ada pelamar yang merasa jawaban benar tetapi tidak lulus dapat dengan mudah mengecek pada panitia," ujar Ketua DPD Partai Golkar Tabanan itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Dewa Putu Beratha mengatakan, pengumuman hasil tes tulis akan disampaikan pada 9 Mei 2016 lewat media massa dan website Dinas Kebudayaan Provinsi Bali.

Tes wawancara sendiri selanjutnya akan dilaksanakan selama empat hari pada 17-20 Mei di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya, Denpasar.(bb)