Derkuku Cup, Ajang Pelestarian Satwa Sambut HUT Kota Negara ke-128

  13 Agustus 2023 HIBURAN Jembrana

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com -Jembrana. Untuk menjaga keunikan tradisi budaya dan meningkatkan citra burung derkuku di Jembrana dalam rangkaian HUT Kota Negara ke-128 Pemerintah Kabupaten Jembrana memfasilitasi para pecinta Derkuku dengan menggelar Lomba Burung Derkuku "Bupati Cup Tahun 2023".

Bupati Cup Derkuku yang digelar di Taman Sangkur Jalan Sutomo, Kelurahan Banjar Tengah, minggu (13/8) menarik minat masyarakat terlihat dari banyaknya peserta yang mendaftar untuk mengikuti perlombaan tidak hanya lokal bahkan diluar masyakarat jembrana ikut serta dalam lomba tersebut.

Lomba dibuka dengan ditandai pelepasan burung derkuku (kukur) oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba  yang dilanjutkan dengan menaikkan sangkar berisi burung derkuku ke tiang gantangan oleh para peserta lomba dengan disaksikan para Forum Pimpinan Daerah dan para Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Jembrana.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba yang juga penggemar burung ini sangat menyambut baik Lomba Derkuku yang juga sebagai salah satu pelestarian alam. "Saya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya lomba ini, Sebuah event yang mampu menarik minat wisatawan dengan tetap mengedepankan aspek kearifan lokal dan pelestarian alam, pemerintah daerah tentu akan berupaya untuk memberikan dukungan seoptimal mungkin demi terselenggaranya kegiatan ini dan kemajuan pariwisata jembrana," ujarnya.

Lanjut, Bupati berharap dengan ajang ini dapat meningkatkan rasa kepedulian kita dengan sesama makhluk ciptaan Tuhan. "Saya minta kepada bapak Ibuk pecinta burung, bukan burung ini saja yang disayangi tetapi juga burung yang di alam bebas juga harus kita sayangi bersama, mari kita jaga alam ini agar stabil seimbang semua makhluk hidup kita mereka juga butuh makan butuh hidup dan bebas begitu, semoga kedepannya acara seperti ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan," ucapnya

Sementara itu, Ketua Panitia I Gusti Ngurah Agung Adi Tarta memaparkan ada sebanyak 80 peserta ikut serta dalam Bupati Cup Derkuku. "Peserta lomba bukan hanya dari jembrana, perlombaan kali ini juga diikuti peserta dari denpasar dan daerah lainnya, jumlah peserta kali ini mencapai delapan puluh pendaftar, atas dukungan bupati saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kami para pecinta derkuku berharap kedepan akan bisa membanggakan jembrana diajang yang lebih tinggi," pungkasnya.