Cegah Terjadi Bully di Sekolah, Bhabinkamtibmas Edukasi Anak-anak

  25 Juli 2022 PERISTIWA Jembrana

Ket Poto: Bhabinkamtibmas II Kel. BB Agung sedang memberikan edukasi kepada murid SD

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Untuk menghindari anak sekolah mengalami masalah kesehatan fisik, sosial, emosional, mental dan masalah akademik yang diakibatkan oleh bullying atau perundungan di sekolah, Bhabinkamtibmas II Kel. BB Agung melaksanakan bingbingan penyuluhan di SD Negeri 3 Baler Bale Agung dan SMK PGRI 2 Negara

Saat dihampiri awak media usai kegiatan, Bhabinkamtibmas II Kel. BB Agung, Aiptu I Putu Budi Arnaya menjelaskan, menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di lingkungan sekolah akibat dari bullying atau perundungan, dirinya mencoba melakukan bingbingan penyuluhan di SD Negeri 3 Baler Bale Agung dan SMK PGRI 2 Negara

"Kita semua tau akibat dari bullying atau perundungan bisa bertampak fatal bagi anak-anak sekolah. Kasus ini sering terjadi, apalagi ada korban sampai meninggal dunia. Menyikapi hal tersebut kami berupaya melakukan edukasi kepada anak-anak. Selain itu ini juga merupakan peran para orang tua maupun pendidik juga sangat diperlukan agar aksi-aksi kenakalan remaja seperti bullying, tawuran dan lain-lain ini tidak terus-menurus terjadi dan berakibat fatal," ucapnya. Senin, (25/7/2022)

Dalam edukasi tersebut, lanjut Budi, dirinya memberi pengertian terkait jenis-jenis Bullying termasuk dampaknya. "Terkadang kita hanya melihat bullying secara fisik, tanpa disadari bullying verbal sering kita abaikan, padahal hal itu juga sangat berbahaya. Karena korban Bullying dapat mengalami masalah kesehatan fisik, sosial, emosional, mental dan masalah akademik, gejalanya bervasiasi  seperti depresi, cemas, meningkatnya perasaan sedih, perubahan pola tidur dan makan, serta hilangnya minat untuk melakukan aktivitas sehari-hari," ujarnya.

Kepala Sekolah SDN 3 Baler Bale Agung Desak Made Dewi Ambari mengucapkan terima kasih atas perhatian pihak kepolisian, sudah berkunjung dan memberikan edukasi ke sekolahnya. "Kami sangat senang dengan perhatian pihak Kepolisian terlebih Bhabinkamtibmas dalam memberikan edukasi kepada anak-anak. Kami sangat berharap sekali kegiatan ini dapat dilakukan secara berkesinambungan," ucapnya.

Sementara Kapolsek Negara Kompol I Gusti Made Sudarma Putra seijin Kapolres Jembrana mengatakan, ini merupakan peran Bhabinkamtibmas dalam melakukan kegiatan pembinaan di masyarakat dan khususnya kepada anak-anak sekolah yang berada di wilayah desa binaannya sangat diperlukan sebagai upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, ini terus kita lakukan di setiap sekolah yang ada di Kecamatan Negara. Anak merupakan generasi penurus bangsa yang patut kita perhatikan agar mereka giat menuntut ilmu di sekolah,” tutupnya. (BB)