Cegah Penularan TBC, 151 WBP di Skrining

  28 Agustus 2023 KESEHATAN Jembrana

Ket poto: WBP Rutan Negara mengikuti skrining TBC

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Antisipasi adanya penyakit TBC Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Negara, Kabupaten Jembrana menggelar kegiatan skrining tuberkulosis (TBC) secara aktif dengan skrining gejala dan intervensi rontgen dada.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut Surat Edaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Kemenkumham RI No. PAS.06-PK.06.07-710 tentang Skrining TBC dengan intervensi rontgen dada dan menargetkan sebanyak 151 warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Saat dikonfirmasi Kepala Rutan Negara Lilik Subagiyono mengatakan kegiatan tersebut digelar untuk mencegah penularan TBC di dalam Rutan Negara. "Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan penularan TBC di dalam Rutan Negara," ujarnya. Senin (28/8).

Lilik melanjutkan, pemeriksaan skrining TBC ini dilakukan oleh tim vendor X-Ray Tirta Medical Center (TMC), Dinas Kesehatan Kabupaten Jembrana, dan Puskesmas 1 Negara, serta dibantu oleh tiga orang perawat Rutan Negara.

 “Jika ditemukan gejala atau hasil rontgen menunjukan gambaran TBC, maka WBP tersebut akan diminta untuk melakukan cek sputum atau dahak,” terangnya.

Dari 151 WBP yang diperiksa, imbuh Lilik, sebanyak 34 WBP lanjut pemeriksaan yang akan dilakukan Tes Cepat Molekuler (TCM) di Rumah Sakit Umum Negara (RSUD) Negara.

“Karena baru tadi hasilnya dikirim ke rumah sakit, lagi 7 hari baru keluar hasilnya. Semoga dengan kegiatan ini dapat mendeteksi dini kasus TBC, sehingga dapat segera diberikan penanganan yang tepat," kata Lilik. (BB)