Cegah Kemacetan di Gilimanuk, 52 Kapal Dikerahkan Jelang Nataru

  14 Desember 2023 PERISTIWA Jembrana

Ket poto : Pelabuhan Gilimanuk

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Sebanyak 52 unit armada akan dikerahkan oleh BPTD Pelabuhan Gilimanuk untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di Pelabuhan Gilimanuk menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Koordinator Satuan Pelaksana BPTD Pelabuhan Gilimanuk, I Made Ria Fran Dharma Yudha mengatakan, armada tersebut siap melayani masyarakat yang akan menyeberang dari Jawa ke Bali dan sebaliknya.

"Kami telah melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi lonjakan penumpang pada periode Nataru," ujar Ria dalam keterangannya, Kamis (14/12/2023).

Salah satu persiapan yang dilakukan adalah menyiapkan armada bantuan seperti Jatra II. Selain itu, BPTD Pelabuhan Gilimanuk juga memaksimalkan dermaga baru yang saat ini masih dalam proses uji coba.

Ria menjelaskan, dermaga IV di Pelabuhan Gilimanuk telah rampung dibangun. Namun, dermaga tersebut masih menunggu jadwal resmi untuk dioperasikan.

"Saat ini masih tahap uji coba (dermaga IV). Mudah-mudahan dengan peningkatan status salah satu dermaga di Pelabuhan Gilimanuk ini dapat mengatasi kepadatan saat libur Nataru," terangnya.

Ria memprediksi puncak arus mudik saat libur Nataru 2023 ini akan terjadi pada tanggal 22 dan 23 Desember 2023. Jika nantinya terjadi kepadatan, kapal perbantuan yang disiapkan BPTD Pelabuhan Gilimanuk akan dioperasikan secara maksimal.

"Kami akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di Pelabuhan Gilimanuk," pungkas Ria. (BB)