Cari Bonsai di Jimbaran?, Putu Wira Jatuh Terpleset Didasar Tebing ?

  07 April 2020 PERISTIWA Badung

Tim SAR Denpasar menggotong dan menolong korban dari dasar tebing dikawasan Jimbaran, Badung

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Badung. Berniat mencari tanaman bonsai, seorang warga Jalan Imam Bonjol, Gang Air Ancur, Denpasar bernama Putu Wira Subagia (43) pada Selasa (7/4/2020) tiba-tiba terpeleset dan terjatuh ke dasar tebing di Desa Jimbaran, Kuta Selatan, Badung. 

"Tadi kita terima laporannya dan segera merespon, kronologisnya korban sedang mencari tanaman bonsai, tiba-tiba terpeleset dan terjatuh ke dasar tebing," ucap Gede Darmada, S.E., M.AP. selaku Kepala Kantor Basarnas Bali. 

Sebanyak 5 personil dari Basarnas Bali diberangkatkan menuju lokasi. Tim SAR berhasil mengevakuasi seorang warga yang terpelesat dari atas tebing setinggi 7 meter di Desa Jimbaran, Kuta Selatan, Selasa (7/4) pukul 11.00 Wita. 

Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar ( Basarnas Bali) terima laporan kejadian sekitar pukul 12.15 Wita dari warga setempat. Setibanya di sana korban masih dalam keadaan sadar namun diduga alami cidera serius. 

"Korban hanya duduk dan tidak bisa berdiri, dengan hati-hati korban dipindahkan ke tandu dan dievakuasi menuju ambulance," jelasnya. 

Penanganan untuk korban yang alami patah tulang atau cidera tulang belakang memerlukan teknik pemindahan khusus dengan gunakan tandu spinal, agar tidak memperparah bagian yang cidera.

Menurutnya, korban masih bisa diajak berkomunikasi dan sempat berucap bahwa motor miliknya masih terparkir di Pura Tegeh Sari sementara posisi kejadiannya sekitar 50 meter dari tempat tersebut. 

"Belum dapat dipastikan korban jatuh dari ketinggian berapa karena tidak ada saksi mata, namun keterangan dari korban sendiri ia jatuh dalam posisi duduk dan itu berbahaya jika alami cidera tulang belakang," tutur Darmada.

Proses evakuasi turut melibatkan personil dari Damkar, masyarakat setempat serta keluarga korban. Selanjutnya Putu Wira Subagia dibawa menuju RSUD Wangaya untuk mendapatkan penanganan medis.(BB).