Bupati Tamba Mendem Pedagingan Karya Ngenteg Linggih Pura khayangan Jhagat Luhur Berangbang Agung

  20 Maret 2024 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com - Jembrana. Desa Adat Berangbang, Kecamatan Negara, Jembrana menggelar Karya Ngenteg Linggih Pura Khayangan Jaghat Luhur Berangbang Agung.

Rangkaian upacara ini telah berlangsung sejak Bulan Januari dimana puncak karya akan dilaksanakan pada 24 Maret mendatang.

Secara khusus dalam rangkaian upacara tersebut, Bupati Jembrana I Nengah Tamba mendem pedagingan di Padmasana Meru Tumpeng Solas yang juga diikuti oleh Bupati Jembrana Ke - 8 Ida Bagus Indugosa, Rabu (20/3).

Dalam karya tersebut juga secara simbolis Bupati Tamba menyerahkan bantuan dana sebesar Rp. 300 Jt kepada panitia karya sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Jembrana terhadap karya Ngenteg Linggih Pura Khayangan Jagat Luhur Berangbang Agung.

Bupati Tamba berharap apa yang dilakukan oleh masyarakat khususnya di Desa Adat Berangbang senantiasa akan diberikan kerahayuan serta Karya berjalan baik dan lancar. "Dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa sueca Asung Kertha Wara Nugraha ring semeton sareng sami,” harapnya.

Klian Pengempon sekaligus Ketua Panitia Karya I Wayan Mawa dalam kesempatan tersebut mengucapkan apresiasi terhadap pihak yang telah mendukung karya ngenteg linggih hingga acara dapat berjalan lancar.

"Kami atas nama panitia dan juga masyarakat Berangbang menyampaikan terimakasih kepada Pak Bupati telah bisa memberikan bantuan. Harapan kami tidak sampai disini saja sinergitas yang terjalin karena kedepan kami masih membutuhkan pembiayaan dalam rangka pembangunan fisik maupun non fisik di areal Pura puniki," ungkapnya.

Lebih lanjut I Wayan Mawa mengungkapkan Karya Ngenteg Linggih Pura Luhur Berangbang Agung menghabiskan Anggaran sebesar  Rp.1,6 Miliar.

"Mendukung karya ini kita memperoleh Hibah dari berbagai pihak diantaranya Pemerintah Kabupaten Jembrana, iuran krama desa, punia bhakti, dan rencananya Pj Gubernur Bali juga akan hadir disini diharapkan dapat membantu pelaksanaan karya puniki," pungkas Wayan Mawa. (Rla\BB)