Bupati Tamba Ikuti Rangkaian Ngaben Kolektif Kusa Prenawe di Museum GIlimanuk

  31 Januari 2024 SOSIAL & BUDAYA Jembrana

Baliberkarya (Dok Humas)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana. Rangkaian pengabenan kolektif “Kusa Prenawe” di Musuem GIlimanuk, Kelurahan GIlimanuk, Jembrana telah dimulai.

Hari ini, Selasa (30/1) sebagaimana upacara ngaben kolektif pada pada umumnya, dilaksanakan berbagai rangkain upacara seperti pecaruan, mapepegat, ngeseng sawa di Setra Adat Gilimanuk, nganyud dan ngulapin di Segara Gilimanuk.

“Usai prosesi ngayud dan ngulapin di Segara Gilimanuk, sekah kembali lagi menuju genah bangsal untuk prosesi selanjutnya,” ungkap Ketua Panitia Ngaben Masal yang juga Bendesa Adat Gilimanuk, I Nengah Naya.

Untuk jumlah peserta, kata Bendesa Naya, diluar dari penyucian roh/atman manusia purba yang ada di Museum Gilimanuk, ngaben kolektif ini diikuti sebanyak 7 sawa, mamukur sebanyak 12 dan ngelungah sebanyak 26.

“Jadi untuk yang ngelungah prosesinya sudah selesai (puput) hari ini, yang memukur akan mengikuti prosesi selanjutnya sampai nanti rangkaian akhir yakni meajar-ajar dan ngelinggihang di masing-masing sanggah keluarga pada tanggal 3 Februari mendatang,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati I Nengah Tamba yang mengikuti rangkaian upacara mengaku sangat bahagia atas pelaksanaan upacara ngaben Kusa Prenawe khususnya terhadap penyucian roh manusia purba.

“Tiang sangat bahagia, dihari yang baik ini, akhirnya Pemkab Jembrana bisa melaksanakan pengabenan Kusa Prenawe yang bertujuan untuk menyucikan roh/atman manusia pura yang ada di Museum Gilimanuk ini. Astungkara, vibrasinya sangat luar biasa, positif sekali, itu artinya beliau (red) menyambut baik pelaksanaan upacara ini,” ungkapnya.

Selain itu, Bupati Tamba juga menuturkan disamping untuk penyucian roh/atman manusia purba, ngaben kolektif ini juga banyak umat yang ikut sebagai bentuk dharmaning leluhur, disamping pelaksanaan ngaben ini dilakukan secara gratis.

“Semoga dengan pelaksanaan upacara ini dapat memberi feedback yang baik untuk Kabupaten Jembrana, dan seluruh masyarakat dapat berkehidupan dengan tentram dan damai. Disamping itu juga diberikan kelancaran dalam mewujudkan Jembrana Emas 2026. Rahayu untuk kita semua,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegaiatan tersebut, Sekda I Made Budiasa, Kepala OPD dilingkungan Pemkab Jembrana, Camat Melaya, serta seluruh krama masyarakat yang ikut upacara Ngaben Masal tersebut. (Rls/BB)