Bupati Tamba Akan Bangun Wisata Religi di Pecangakan, Ini Penjelasanya

  02 Februari 2022 EKONOMI Jembrana

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com – Jembrana, Manfaatkan Lahan kosong yang mangkrak, Bupati I Nengah Tamba akan pergunakan untuk membangun Taman Ikan Koi Koi yang akan disambungkan dengan Taman Jagatnatha yang sebentar lagi terdapat mini zoo atau taman binantang kecil disana tepatnya sekitar Pura Ulu Pecangakan tepatnya di samping utara Lapangan Pecangakan.

Keberadaan Taman Koi tersebut nantinya bertujuan untuk memanfaatkan lahan yang lama tidak dipergunakan, hal tersebut juga bertujuan sebagai tempat destinasi keluarga untuk mengenal lingkungan dan alam.

Terkait hal tersebut Bupati Jembrana I Nengah Tamba menuturkan, sejarah Jembrana tidak banyak masyarakat yang mengetahui, peristiwa bersejarah ini terkait kebesaran Raja Pecangakan ini, dari sisi aspek keindahan nuansa alam

“Kami berencana akan memanfaatkan tanah sisa disamping pura Pecangakan untuk membangun kolam ikan untuk tempat rekreasi dari pada warga Jembrana, ya semacam distinasi disamping itu juga mengandung nilai religious, dikarenakan ditengah-tengah kolam ini kita akan bangun Patung Raja Pecangakan yang akan naik kuda,” terangnya. Rabu (2/2/2022).

Terkait kuda yang berada diluar pura, lanjut Tamba, akan dibuatkan kandang yang bagus dan juga akan carikan atau belikan kuda betina untuk mendampingi kuda jantan tersebut. Disitu ada literasi yang mengandung apa makna dan sejarah dari kuda ini.

“Kolam taman yang kita akan buat disini disebut Taman Ikan Koi ini nantinya kita buat jalan tersambung dengan Pura Jagatnatha, kebetulan di taman Pura Jagatnatha sebentar lagi akan ada mini zoo (taman binatang kecil). Selain itu tepat disebelah Taman Koi terdapat lapangan Pecangakan. Nantinya kita buat track jogging mutar di sisi lapangan,” ucapnya

Menurut Tamba, Lapangan Pecangakan ini nantinya akan diupgrade dan dihidupkan siang maupun malam untuk warga yang berolahraga. Disekitar taman koi nanti akan disediakan Coffe Shop untuk memberikan semangat agar keluarga yang datang untuk menikmati keindangan Taman Koi ini. Terkait keberadaan Pura Pecangakan ini, pihaknya akan tata agar lebih indah dan sakral, ini akan menjadi destinasi yang intergrate antara Taman Jagatnatha dan Taman Koi.

“Kami mohon dukungan mudah-mudahan pembangunan ini bisa berjalan mungkin bisa multi years bisa juga di tahun 2023 dan hari ini saya datangkan ditempat ini Kepala Dinas PU yang sudah menugaskan cipta karya untuk memberikan gambaran nantinya,” pungkasnya. (BB)