BKGN Universitas Udayana Bebaskan Masyarakat dari Masalah Karies Gigi

  12 Desember 2023 PENDIDIKAN Badung

Bulan Kesehatan Gigi Nasional Universitas Udayana 2023 (BKGN Unud) yang diawali dengan upacara pembukaan bertempat di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Udayana (RSGM Unud), Jimbaran, Selasa (12/12/2023).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Badung. Sehubungan dengan perayaan Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2023, Program Studi Sarjana Kedokteran Gigi dan Profesi Dokter Gigi (PSSKGPDG) Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud) menyelenggarakan Bulan Kesehatan Gigi Nasional Universitas Udayana 2023 (BKGN Unud) yang diawali dengan upacara pembukaan bertempat di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Udayana (RSGM Unud), Jimbaran, Selasa (12/12/2023).

Diselenggarakan dari tanggal 12-14 Desember 2023, BKGN Unud 2023 tahun ini memiliki misi untuk membebaskan masyarakat dari masalah karies gigi. Sebanyak 750 orang mendaftar untuk mendapatkan pelayanan perawatan kesehatan gigi dan mulut.

Selama tiga hari ini BKGN Unud akan memberikan pelayanan berupa pelayanan pencabutan gigi, scaling gigi, penambalan gigi, aplikasi topikal flouride dan pelayanan untuk anak berkebutuhan khusus. Selain pelayanan kesehatan, BKGN Unud tahun ini juga dimeriahkan dengan pengabdian masyarakat yang memberikan edukasi ke sekolah-sekolah tingat dasar (SD) mengenai pentingnya merawat kesehatan gigi dan mulut sejak dini.

Upacara pembukaan BKGN Unud 2023 dihadiri oleh Rektor Unud Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, MT, Ph.D, Ketua Persatuan Dokter Gigi Pengwil Bali drg. I Agus Sundia Atmaja, M.Erg, perwakilan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung, Direktur Utama RS Unud Prof. Dr. dr. Dewa Putu Gde Purwa Samatra, Sp.N(K), Direktur Utama RSGM Unud drg. Putu Ratna Kusumadewi G, Sp.KG, Dekan FK Unud Prof. Dr. dr. Komang Januartha Putra Pinatih, M.Kes, Ketua Departemen Gigi dan Mulut drg. Mia Ayustina Prasetya, Sp.KGA, dan Koordinator Program Studi Sarjana Kedokteran Gigi dan Profesi Dokter Gigi Dr. drg. Putu Lestari Sudirman, M.Biomed.

Dekan FK Prof. Januartha dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar kegiatan seperti BKGN ini tidak hanya dilaksanakan pada saat bulan bakti, tapi bisa dilaksanakan terus-menerus baik dalam bentuk kegiatan preventif, promotif, rehabilitasi dan kuratif agar masyarakat dapat merasakan manfaat dari keberadaan institusi pendidikan kedokteran.

“Saya berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan, karena upaya preventif tentunya akan sangat bisa menghemat biaya pengobatan dan kita sebagai institusi pendidikan kedokteran bisa menjadi menara air yang bermanfaat bagi masyarakat,” ucapnya.

Dibuka secara resmi dengan pemukulan gong oleh Rektor, dalam kesempatan ini Prof. Suardana menyampaikan, Unud siap untuk mendukung revitalisasi dan pengembangan RSGM demi kemajuan Unud dan kelancaran proses pembelajaran Program Studi Kedokteran Gigi.

“Melihat perkembangan yang ada saat ini, universitas siap mendukung untuk penyelesaian dan revitalisasi gedung RSGM dan juga RS Unud, karena selain sebagai income generator, RSGM dan RS Unud juga akan membantu kelancaran proses belajar di Program Studi Kedokteran dan Kedokteran Gigi,” ucapnya.

Seusai upacara pembukaan, para undangan melakukan kunjungan ke lapangan untuk melihat kegiatan pelayanan kesehatan gigi yang berlangsung di Gedung 4, RS Unud Jimbaran.(BB).

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas4160-Bulan-Kesehatan-Gigi-Nasional-Universitas-Udayana-2023-Mengusung-Misi-Tuntaskan-Masalah-Karies.html