Bersama Rumah Reina, MenJadoel Ajak Generasi Muda Lestarikan Jamu sebagai Minuman Tak Lekang Oleh Waktu

  05 Juni 2022 EKONOMI Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Warisan budaya Indonesia sangat beragam keberadaannya, dimulai dari artefak, pakaian, rumah tradisional, hingga minuman. Jamu merupakan salah satu minuman tempo dulu yang tak lekang waktu dimana sangat berkesan di hati masyarakat Indonesia.

Namun tak bisa dipungkiri, masuknya arus budaya modern telah menggantikan budaya  tempo dulu masyarakat yang gemar minum  jamu, khususnya generasi muda Indonesia.  Mereka enggan minum jamu karena identik  dengan rasanya yang pahit dan dilabeli sebagai minuman orang tua.

Ketua Acara Menjadoel, Ida Ayu Fabiola Grace, menjelaskan akibat kurangnya minat masyarakat saat ini terhadap jamu merupakan alasannya mengadakan acara ini. "Kami ingin masyarakat mengetahui urgensi dari jamu Indonesia terhadap kesehatan masyarakat,” ucapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, acara kampanye MenJadoel dilaksanakan untuk membantu  generasi Milenial dan Gen Z mengetahui  pentingnya eksistensi jamu di tengah masyarakat.

I Dewa Ayu Sugiarica Joni, S.Sos.,M.A. selaku Dosen Penanggung Jawab Acara Kampanye Menjadoel 2022, menjelaskan mahasiswa dapat mengimplementasikan teori yang diperoleh di kelas, dan juga menyiapkan mereka untuk siap kerja di dunia industri khususnya PR. Oleh karena itu, mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Udayana Angkatan 2019 bersama Rumah Reina berkolaborasi melalui serangkaian Kampanye MenJaDoel (Men-Jamoe Doeloe).

Dalam Press Conference MenJadoel yang  diadakan di Mangsi Grill, Teuku Umar Barat, dijelaskan mengenai rangkaian acara Kampanye MenJaDoel diawali dengan digital campaign

#YukJadoel melalui media sosial Instagram   @menjadoel. Kemudian, puncak acara Kampanye MenJaDoel akan diselenggarakan pada Minggu, 12 Juni 2022 berlokasi di Geo Open Space, Jalan Raya Kedampang-Kerobokan Kelod, Kuta Utara, Badung. Main event MenJaDoel akan  melibatkan Rumah Reina dalam  mempromosikan jamu lewat talkshow, demo pembuatan jamu, dan pameran jamu.

Acara juga akan diisi oleh hiburan lainnya, diantaranya: Bazar Sunday Market yang melibatkan UMKM dari berbagai sektor, jamu gendong runway, musical performance serta stand up comedy.(BB). 

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas1139-MenJadoel-bersama-Rumah-Reina-Ajak-Generasi-Muda-Melestarikan-Jamu-sebagai-Minuman-Tak-Lekang-Oleh-Waktu.html