Banyak Terima Laporan, Ombudsman RI Harap Masalah Debitur BPR Lestari Segera Selesaikan Secara Transparan

  08 Januari 2022 OPINI Denpasar

Foto: Kepala Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Provinsi Bali, Umar Ibnu Alkhatab.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Permasalahan Debitur BPR Lestari yang tak kunjung usai menjadi perhatian Kepala Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Provinsi Bali, Umar Ibnu Alkhatab. Terkait kisruh perbankan itu, Umar mengakui banyak tembusan laporan yang juga diterima ORI Perwakilan Provinsi Bali berapa waktu belakangan ini.

Umar mengungkapkan, dari tembusan laporan tersebut ada yang dikirim melalui pos ataupun datang langsung ke kantor ORI Perwakilan Bali.

“Tapi karena tupoksinya tidak di tempat kami, kami hanya bisa meneruskan ke pihak yang berwenang,” ucap Umar di Denpasar.

Meski Ombudsman tidak memiliki tupoksi, namun Umar secara intens memantau perkembangan di lapangan. “Dinamikanya cukup menarik persoalan ini, terbukti banyak tembusan laporan yang ditujukan ke kami,” sebutnya.

Umar berharap para debitur membuat forum agar mempermudah kordinasi dan pendataan. Untuk mengatasi kisruh debitur BPR Lestari, pihaknya mendorong stakeholder yang memiliki tupoksi agar sesegera mungkin menyelesaikan kisruh tersebut agar tidak berlarut-larut.

“Selesaikan aja secara transparan. Bagaimana teknisnya khan mereka yang tahu,” harapnya.

Umar menegaskan semakin cepat penyelesaian kisruh BPR Lestari dengan debiturnya akan semakin baik. Hal ini penting agar tidak menjadi preseden buruk dunia perbankan, sekaligus menimbulkan pertanyaan di masyarakat.

“Apalagi saat ini kita dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, otomatis kepastian dalam berusaha juga penyelesaian perselisihan akan berimbas pada bergeraknya ekonomi masyarakat luas,” tegasnya mengakhiri.(BB).